Unduh Aplikasi

Pembebasan Lahan Sport City PORA di Pidie Belum Tuntas, Proyek Penimbunan Sudah Lelang

Pembebasan Lahan Sport City PORA di Pidie Belum Tuntas, Proyek Penimbunan Sudah Lelang
Kawasan tambak di depan PCC yang bakal dibangun Gedung Sport City. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Hampir memasuki November, proses pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur gedung Sport City even Pekan Olahraga Raga Aceh (PORA) ke XIV tahun 2022 saat ini belum tuntas dilakukan. Gedung Sport City direncanakan dibangun dalam kawasan tambak di Gampong Lampeudeu Baroh, Kecamatan Pidie. 

Akibat belum tuntas pembebasan lahan tersebut sehingga terkendala proses penimbunan. Padahal proyek penimbunan sudah dilelang dengan item pekerjaan penimbunan tahap 1 lokasi Sport City dengan pagu anggaran sebesar Rp 3.491.471.000 di bawah Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) setempat. 

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbud Pora) Pidie Apriadi Ahmad dikonfirmasi AJNN, Jumat (23/10) mengatakan, bahwa tanah warga yang direncanakan untuk pembangunan gedung Sport City saat ini masih dalam proses pembebasan. Dia mengaku ada hal-hal yang terhalang saat proses pembebasan lahan seperti hari-hari libur sehingga terjadi pengurangan waktu. 

"Artinya tim Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) tidak bisa kita minta harus bekerja sekian hari untuk menuntaskan menilai harga tanah. Kan tidak bisa seperti itu,  mereka juga punya mekanisme begitu juga dengan pihak BPN dalam melakukan pengukuran tanah juga punya mekanisme sendiri," ujarnya. 

Apriadi menambahkan, proses pembebasan lahan untuk pembangunan gedung Sport City ditargetkan akan tuntas tahun ini. 

"Informasi terakhir yang saya terima bahwa sudah ada pemenang KJPP, tanggal 28 ini mereka (KJPP) sudah ada di Pidie, untuk menilai harga tanah. Setelah dilakukan penilai, maka itu akan menjadi acuan berapa harga permeter terhadap tanah milik masyarakat. 

Kapala Disperkim Pidie M Adam dikonfirmasi AJNN, pada Senin (19/10) mengatakan, proyek penimbunan tanah untuk pembangunan gedung Sport City memang sudah ada pemenang namun proses pengerjaannya belum dapat dilaksanakan karena masih menunggu proses pembebasan lahan. 

"Proses tender penimbunan tanah sudah dilaksanakan tetapi belum dapat dilakukan pengerjaan karena lokasi penimbunan masih dalam proses pembebasan lahan. Yang terpenting pembebasan lahan dulu maka baru dapat dilakukan pengerjaan penimbunan," kata Adam. 

Komentar

Loading...