Unduh Aplikasi

Pembatalan MoU Proyek Multiyears Tak Berdampak pada APBA 2020

Pembatalan MoU Proyek Multiyears Tak Berdampak pada APBA 2020
Seluruh anggota Fraksi Demokrat DPRA saat walk out dari sidang paripurna, Rabu, 22 Juli 2020. Foto: AJNN/Rahmat Fajri

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh membatalkan MoU sejumlah proyek tahun jamak (multiyears), dalam sidang peripurna yang berlangsung, Rabu (22/7). Namun keputusan itu tidak akan berdampak apapun terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh 2020.

Pengamat hukum Universitas Syiah Kuala, Zainal Abidin mengatakan kalau memang ada hal yang dianggap perlu disepakati ulang, maka kedua belah pihak dapat berunding kembali.

Baca: Syukri Abdullah: Yang Bilang DPRA Bisa Batalkan Qanun Tak Paham Aturan

“Tapi jika tidak ada kesepakatan baru, tidak ada alasan untuk membatalkan kesepakatan sebelumnya, " kata Zainal Abidin.

Menurutnya kesepakatan ulang menjadi dasar untuk menyusun ulang anggaran lewat pembahasan APBA-Perubahan. Poin-poin yang disepakati untuk diubah tinggal disesuaikan dengan program yang sedang berjalan.

Baca: Pakar Ekonomi: Penundaan Proyek Infrastruktur Berdampak Terhadap Perekonomian Aceh

Untuk mengubah kesepakatan, kata Zainal, jika salah satu pihak mendapati kecacatan prosedur atau substansi, pihak yang berkeberatan bisa mengajukan argumentasi kuat yang menjadi landasan peninjauan ulang kesepakatan proyek multiyears itu.

“Namun jika kedua pihak tidak sepakat untuk meninjau ulang proyek multiyears itu, poin-poin dalam APBA 2020 harus tetap dijalankan,” kata Zainal.

Komentar

Loading...