Unduh Aplikasi

PROSES REHAB REKON PASCA GEMPA PIDIE JAYA

Pembangunan Rumah Yang Masuk Daftar Tunggu Harus Selesai Agustus 2019

Pembangunan Rumah Yang Masuk Daftar Tunggu Harus Selesai Agustus 2019
Progres pembangunan rumah korban gempa yang masuk daftar tunggu.

PIDIE JAYA - Proses rehab rekon rumah korban gempa daftar tunggu sebanyak 297 unit harus siap akhir Agustus 2019. Pasalnya, jika memasuki September 2019 belum siap, maka dana hibah untuk rehab rekon tersebut harus dikembalikan ke Pemerintah Pusat.

"Kita terus memacu proses rehab rekon daftar tunggu ini. Sebab dari Kementerian Keuangan mengatakan, jika akhir Agustus belum juga siap, maka dana hibah harus dikembalikan ke pusat," kata Kepala Bidang Rekontruksi dan Rehabilitasi BPBD Pidie Jaya, Aswan Aziz kepada AJNN, Kamis (18/7).

Aswan menjelaskan, kurang dari dua bulan sejak dimulainya proses rehab rekon daftar tunggu, hingga saat ini progres pembangunan rumah bagi korban gempa 7 Desember 2016 itu sudah mencapai 40 persen hingga 60 persen.

"Progresnya saat ini rata-rata sudah mencapai 40 hingga 60 persen, bahkan ada juga yang sudah 85 persen. Kita akan terus pacu, akhir Agustus ini semuanya siap 100 persen," yakinnya.

Seperti diketahui, proses rehab rekon daftar tunggu dana bersumber dari sisa tahap awal atau dari pengalihan rusak sedang pada tahap awal sebesar Rp 25 milyar. Sisa dana Rp 25 milyar itu hanya untuk pembangunan kategori rumah rusak berat, dengan kata lain Rp 85 juta per rumah untuk 297 unit rumah.

Pembangunannya langsung dikerjakan oleh kelompok masyarakat (pokmas) tanpa didampingi lagi oleh konsultan pendamping seperti tahap pertama.

Namun, proses rehab rekon daftar tunggu ini langsung didampingi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...