Unduh Aplikasi

Pembangunan Insfrastruktur di Aceh Barat Belum Mampu Menekan Kemiskinan

Pembangunan Insfrastruktur di Aceh Barat Belum Mampu Menekan Kemiskinan
Kantor bupati aceh barat, Foto : Net
ACEH BARAT - Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Barat menilai pembangunan isfrastruktur yang dilakukan pemerintah Kabupaten setempat belum mampu menekan angka kemiskinan.

Menurut Kepala BPS Aceh Barat, Dara Dian, pembangunan isfrastruktur selama ini lebih memberikan kontribusi terbesar bagi kalangan ekonomi menengah dari pada ekonomi kebawah.

Ia menjelaskan, angka kemiskinan di Aceh Barat yang dirilis BPS Aceh tahun 2013 capai 44.300 jiwa atau 27 persen dari jumlah penduduk Aceh Barat dengan jumlah 187.459 jiwa tertinggi di Aceh.

Tingginya angka inflasi yang terjadi di Aceh Barat, kata dia, bisa membuat kebutuhan masyarakat kabupaten Aceh Barat selama ini mencapai Rp 413.000 per jiwa perbulan untuk tahun 2013 dengan tingkat inflasi 10 persen. Sedangkan secara tahun ke tahun, untuk tahun 2014 inflasi Aceh Barat turun menjadi 8 persen.

Sedangkan untuk rilis terakhir september 2015, Dara menambahkan, Aceh Barat mengalami deflasi sebesar 0,22 persen. Meski demikian, menurutnya dengan adanya insfrastruktur di Aceh Barat selama ini telah berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi Aceh Barat lebih baik.

|DARMANSYAH MUDA

Komentar

Loading...