Unduh Aplikasi

Pembangunan Enam Masjid Tahun 2019 di Pijay Tak Sempurna

Pembangunan Enam Masjid Tahun 2019 di Pijay Tak Sempurna
Masjid Nurul Huda, Kecamatan Panteraja, salah satu masjid yang dibangun mengunakan dana DOKA tahun 2019. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya membangun enam masjid yang rusak akibat gempa 7 Desember 2016 lalu.

Namun, pembangunan enam masjid yang mengunakan anggaran DOKA tahun 2019 tersebut tidak sempurna dikerjakan.

Enam masjid yang tersebar di enam kecamatan dalam Kabupaten Pidie Jaya adalah, Masjid Baitul Fuqara Paru, Kecamatan Bandar Baru, Masjid Nurul Huda, Kecamatan Panteraja, Masjid At-taqwa, Kecamatan Trienggadeng, Masjid Nurul Yakin Paya Pisang Klat, Kecamatan Bandar Dua. 

Selanjutnya Masjid Madinah, Kecamatan Meurah Dua, dan terakhir Masjid Baitul Aman, Kecamatan Ulim.

Pantauan AJNN, pembangunan masjid tersebut belum sempurna dikerjakan, seperti cat, lantai, dan plafon belum terpasang.

Plt Kadis Pekerjaan Umum (PU) Pidie Jaya, Rizal Fikar melalui Kabid Cipta Karya, Okta Handipa yang dikonfirmasi AJNN, Senin (30/12) mengatakan, pembangunan enam masjid itu hanya sebatas fungsional saja.

"Pembangunan enam masjid ini bukan tidak sempurna, tetapi memang sampai seperti itu, dan ini sudah sesuai dengan RAB. Pembangunannya hanya sebatas fungsional atau dapat difungsikan untuk salat saja," kata Okta.

Dikatakannya, pembangunan enam masjid tersebut juga mendapat pengawalan oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Pidie Jaya.

Disamping itu, lanjutnya, pembangunan masjid hanya sebatas fungsional guna memberi kesempatan kepada masyarakat untuk beramal dengan menyisihkan sedikit rezekinya untuk pembangunan masjid yang rusak akibat gempa akhir tahun 2016 lalu.

"Dengan pembangunan seperti ini, membuka kesempatan bagi dermawan untuk menyumbangkan hartanya untuk pembangunan masjid. Sebab masyarakat  (panitia masjid) setempat juga meminta masjid-masjid itu dilanjutkan pembangunannya mengunakan sumbangan dari dermawan," sebutnya.

Okta menambahkan, pada tahun 2020 nanti, akan ada penambahan anggaran dari APBA untuk kelanjutan pembangunan enam masjid tersebut.

"Semua masjid yang dibangun tahun ini ada tambahan anggaran dari APBA 2020 untuk lanjutan pembangunan. Insyaallah, dengan tambahan anggaran dari APBA nanti, pembangunan enam masjid itu akan selesai lebih layak dan respresentatif," yakin Okta.

Komentar

Loading...