Unduh Aplikasi

Pembangunan Embung Padi di Aceh Besar Senilai Rp 20 Miliar

Pembangunan Embung Padi di Aceh Besar Senilai Rp 20 Miliar
ACEH BESAR – Tim panitia khusus (Pansus) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh dari daerah pilih (Dapil) I Aceh Besar, Banda Aceh dan Sabang, meninjau sejumlah proyek bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2015, di sejumlah lokasi, Selasa (3/8).

Salah satu proyek ditinjau yakni pembangunan Embung (waduk berukuran kecil) Tanoh Abee Tahap II, di Kecamatan Seulimum, Kabupaten Aceh Besar. Proyek ini dibangun dengan anggaran senilai Rp 20 miliar, oleh Dinas Pengairan Provinsi Aceh. Proyek embung tadah hujan ini dikerjakan oleh PT Piyeung Jasa Perkasa sebagai pelaksana.

HT Ibrahim, salah satu anggota pansus DPR Aceh dapil I, mengatakan anggaran pada proyek tersebut dialokasikan beberapa tahap. Mulai dari kegiatan perencanaan atau supervisi, hingga pelaksanaan pembangunan.

“Di tahun pertama (2014) dianggarkan Rp 300 juta untuk perencanaan dan supervisi. Tahun kedua (2015) dianggarkan Rp 20 miliar, tapi kontraktor menawarkan Rp 16,4 miliar,” kata politisi partai Demokrat HT Ibrahim, saat melakukan kunjungan pansus proyek APBA 2015 di Aceh Besar.

Selanjutnya, pada tahun 2016, kata Ibrahim, dianggarkan sekitar Rp 7,3 miliar, dengan pelaksanaan penunjukkan langsung (PL). Menurutnya, anggaran yang digelontorkan untuk membangun waduk mini yang ditargetkan bisa mengairi sekitar 500 hektare sawah tersebut belum tergolong besar jika dilihat dengan besarnya pekerjaan.

Ibrahim juga berjanji, akan kembali memeriksa proyek tersebut pada Desember mendatang saat musim penghujan. “Kita akan meninjau kembali apakah proyek ini berfungsi atau tidak. Kalau memang tidak berfungsi, artinya ada yang salah di perencanaan,” ujarnya.

Komentar

Loading...