Unduh Aplikasi

Pelayanan BSI di Aceh Bermasalah, Masyarakat Lapor ke Ombudsman

Pelayanan BSI di Aceh Bermasalah, Masyarakat Lapor ke Ombudsman
Ruang PVL Ombudsman RI Perwakilan Aceh. Foto: untuk AJNN.

BANDA ACEH - Masyarakat sudah mulai melaporkan buruknya pelayanan Bank Syariah Indonesia (BSI) di Aceh, mereka melaporkan hal tersebut ke Ombudsman RI Perwakilan Aceh.

Kepala Asisten Ombudsman Perwakilan Aceh bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL), Ilyas Isti kepada AJNN mengungkapkan bahwa salah seorang pelapor yang namanya dirahasiakan melapor langsung ke Ombudsman pada hari ini Rabu (5/5/2021).

Menurut Ilyas, pihak pelapor mengatakan bahwa pelayanan BSI di Aceh sangat buruk, sehingga sangat merugikan masyarakat. Menurut pelapor, penerapan Bank Syariah di Aceh sepertinya belum siap dan terkesan dipaksakan. Sehingga pelayanannya tidak maksimal.

"Sangat banyak keluhan masyarakat terkait layanan bank syariah, apa lagi disaat seperti ini," ujar pelapor seperti ditirukan Ilyas.

Lebih lanjut, Ilyas juga menyampaikan kalau pelapor tersebut juga mengatakan bahwa dia tidak anti dengan Bank syariah, tapi harus menyesuaikan dan memperbaiki pelayanan.

Menanggapi laporan masyarakat tersebut, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr. Taqwaddin Husin bahwa pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan para pihak, baik pelapor dan terlapor.

"Kita akan lakukan koordinasi secepat mungkin dengan pihak Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Aceh Syariah (BAS), Pemerintah Aceh, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), dan para pelaku usaha," sebut Taqwaddin.

Saat ini menurut Taqwaddin, pihaknya juga terus memantau di media sosial terkait banyaknya keluhan masyarakat dengan layanan bank syariah, yang semuanya merupakan dampak dari berlakunya Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di Aceh.

Saat ini, lanjut Taqwaddin. Laporan telah diterima oleh tim Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) Ombudsman RI Perwakilan Aceh. Selanjutnya apabila sudah siap verifikasi formil dan materiil maka akan ditindaklanjuti ke pemeriksaan.

"Ombudsman Aceh berharap, dengan kita lakukan rapat koordinasi ini akan ada solusi praktis yang menguntungkan pihak nasabah," pungkas Taqwaddin.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...