Unduh Aplikasi

Pelantikan Kepala BPKS Sabang Sudah Mendapatkan Pertimbangan DPRA

Pelantikan Kepala BPKS Sabang Sudah Mendapatkan Pertimbangan DPRA
Pelantikan Kepala BPKS. Foto: Ist

BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melantik Iskandar Zulkarnain sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BPKS) periode 2020-2025, di Pendopo Wakil Gubernur Aceh sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (31/).

Sekretaris BPKS Sabang, Makmur Ibrahim mengatakan, pelantikan Kepala BPKS Sabang tersebut sudah mendapatkan pertimbangan atau rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Baca: Plt Gubernur Lantik Iskandar Zulkarnain Jadi Kepala BPKS

Bahkan, sebelum pertimbangan diberikan, para calon Manajemen BPKS itu juga telah melakukan pertemuan dengan Komisi III DPRA, hingga akhirnya dikeluarkan rekomendasi.

"Sudah (mendapat rekomendasi DPRA), surat DPRA Nomor 515/17/56, tanggal 27 Agustus 2020," kata Makmur Ibrahim saat dikonfirmasi AJNN, Senin (31/8).

Makmur menyampaikan, terpilihnya Manajemen BPKS Sabang itu dilakukan dengan sistem head hunter atau mencari orang-orang terbaik untuk mengisi jabatan tertentu. Proses ini dilakukan langsung oleh Dewan Kawasan Sabang (DKS) sendiri.

Head hunter itu dilaksanakan karena dari beberapa kali seleksi terbuka sebelumnya tidak ada kandidat yang dinyatakan lulus passing grade. Sehingga diajukan dengan sistem head hunter.

"Seleksi terbuka kita sudah lakukan, tidak ada yang lulus, tidak ada yang memenuhi passing grade. Jadi kita head hunter, diajukan dari hasil rapat DKS pada 27 Juli 2020," ujarnya.

Terhadap para calon Manajemen BPKS Sabang itu, kata Makmur, juga sudah dilakukan berbagai tahapan lainnya seperti fit and proper test, hingga assesment penentuan jabatan.

"Habis itu baru dilakukan fit and proper test, dilakukan assesment, dimana jabatan posisi yang tepat," tutur Makmur.

Meskipun demikian, Makmur menuturkan bahwa pelaksanaan head hunter itu hanya pola. Tetapi pengangkatan dan pemberhentian merupakan kewenangan DKS.

Seperti diketahui, selain Iskandar Zulkarnain, Nova Iriansyah juga melantik T Zanuarsyah sebagai Wakil Kepala BPKS, Abdul Manan sebagai Deputi Umum, Erwanto sebagai Deputi Komersial dan Investasi, Azwar Husein sebagai Deputi Teknik, Pengembangan dan Tata Ruang, serta Zamzami sebagai Deputi Pengawasan.

Komentar

Loading...