Unduh Aplikasi

Pelaku UMKM di Agara Diminta Tidak Termakan Tipu Daya Calo

Pelaku UMKM di Agara Diminta Tidak Termakan Tipu Daya Calo
Plt Kadis Koperasi UMKM dan Transmigrasi  Aceh Tenggara (Agara), Zulpan Harijadi. Foto: IST.

ACEH TENGGARA -  Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Koperasi UMKM dan Transmigrasi  Aceh Tenggara (Agara), Zulpan Harijadi mengimbau agar masyarakat (Pelaku usaha) yang mengajukan pemohonan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah  (UMKM) diminta agar tidak termakan  tipu daya  calo.

"Kita telah mengimbau, agar masyarakat tidak percaya dengan adanya calo yang mengaku mampu mengurus pemohon untuk mendapat bantuan dana BLT UMKM 2021," ujar Zulpan Harijadi kepada AJNN, Senin (6/4/2021) di Kutacane.

Menurut Zulpan, sepanjang pemohon memenuhi persyaratan, siapapun silahkan melakukan permohonan yang disampaikan kepada petugas di Dinas Koperasi UMKM dan Transmigrasi setempat.

"Karena memang seperti itu aturan yang sebenarnya,” kata Zulpan Harijadi didampingi Khairil Anwar, Kabid Penilaian Kesehatan USK/KSP Diskop UMKM dan Transmigrasi Agara.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Khairil Anwar menyebutkan bahwa pendaftaran permohonan dana BLT UMKM tahap ini baru dibuka pada Selasa (hari ini) 6 April 2021.

Kendati demikian, kata Khairil Anwar, dia telah banyak menerima informasi akhir-akhir ini sudah banyak calo bergentanyangan memanfaatkan hal tersebut, untuk kepentingan pribadi, walaupun pendaftar permohonan dana UMKM belum dibuka .

"Sangat disayangkan, calo mengatasnamakan Dinas kami, padahal kami sudah mengantisipasi hal tersebut," ujar Khairil.

Atas banyaknya isu percaloan tersebut, Khairil, mengecam oknum yang melakukan pencaloan yang mengatasnamakan Diskop UMKM dan Transmigrasi Agara dan meminta kepada pelaku UMKM agar tidak percaya atas tipu daya yang dijalankan oknum calo.

Sebagai informasi, program bantuan langsung tunai dana UMKM 2021di Agara, mengalami penurunan 50 persen dari tahun sebelumnya. Pada tahun lalu pelaku usaha menerima manfaat BLT sebesar Rp 2,4 Juta, namun sekarang hanya Rp 1,2 Juta saja.

Untuk mengajukan permohonan bantuan UMKM untuk tahun 2021 pelaku dapat menyiapkan sejumlah berkas seperti, foto copy kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan melampirkan Surat Keterangan Usaha dari Kepala Gampong pemohon, terkait usulan yang diajukan pada pihak Dinas Koperasi dan UMKM setempat.

|RIKI

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...