Unduh Aplikasi

Pelajar Gorontalo: Kopi Aceh Is The Best

Pelajar Gorontalo: Kopi Aceh <i>Is The Best</i>
Pelajar dan guru dari Gorontalo menikmati kopi di Solong Ulee Kareng.
BANDA ACEH - Rombongan pertukaran pelajar dari Gorontalo menikmati kopi Aceh yang begitu terkenal ditanah kelahirannya. Karena penasaran, mereka langsung mencoba kopi Aceh tersebut. Setelah meminum mereka katakan bahwa kopi Aceh benar-benar enak.

"Kopi Aceh terkenal disana, makanya kami ingin mencicipi bagaimana rasanya, ternyata kopi Aceh is the best (terbaik), melekat di lidah," pengakuan salah seorang siswi Gorontalo, Feby usai merasakan kopi Aceh di Solong Ulee Kareng, Rabu (10/8).

Selain itu, para siswa tersebut juga menanyakan kepada H Nawawi, pemilik Solong kopi, kenapa kopi Aceh bisa begitu enak rasanya, seperti lengket di mulut saat diminum, dan apa saja jenis kopi yang disediakan serta disukai oleh orang banyak.

Nawawi menjawab, kebanyakan kopi Aceh berasal dari daerah dataran tinggi yaitu di Kabupaten Aceh Tengah, atau sering disebut dengan tanah Gayo. Kopi ini mempunyai dua rasa yaitu Arabica dan Robusta. Kopi tersebut juga sangat enak dirasa, semua ini disebabkan karena kecocokan tanah di Aceh dengan biji kopinya sehingga dia tumbuh dengan baik dan menancapkan aroma yang khas.

"Tanah Aceh sangat cocok dengan tumbuhan seperti kopi, makanya sangat berpengaruh pada rasa kopinya juga," jelas Nawawi.

Bukan hanya itu, para siswa tersebut tak puas dengan hanya sekedar merasakan kopi yang sudah siap saji. Mereka juga ingin melihat bubuk kopi secara langsung serta proses pembuatannya.

Besar rasa ingin tahu, mereka langsung mengunjungi tempat penyimpanan bubuk kopi yang ada di Solong, setelah itu mereka memperhatikan bagaimana proses penyaringan pembuatan kopi yang siap disaji.

Komentar

Loading...