Unduh Aplikasi

Pekan Depan, Cairan Reagan untuk Tes Swab Corona Tiba di Aceh 

Pekan Depan, Cairan Reagan untuk Tes Swab Corona Tiba di Aceh 
Ilustrasi (Halodoc)

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh telah memesan 1.000 cairan reagan untuk digunakan sebagai bahan pemeriksaan  swab terkait virus corona (Covid-19) melalui laboratorium polymerase chain reaction (PCR). 

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif mengatakan, 1.000 cairan reagan sudah dipesan oleh Pemerintah Aceh ke Jerman melalui distributor yang ada di Jakarta. 

Untuk tahap pertama, kata Hanif, bakal sampai sebanyak 100 cairan, kemungkinan besar tiba di Aceh pada Rabu depan, 15 April 2020.

"Sudah di pesan untuk 1.000 orang, tapi yang masuk baru untuk 100 orang. Diperkirakan kalau tidak hari Selasa, Rabu masuk," kata Hanif kepada wartawan di sela-sela penerimaan bantuan APD di Lanud SIM, Jumat (10/4). 

Hanif menyampaikan, jika cairan reagan tersebut sudah tiba di Aceh, maka selanjutnya untuk pemeriksaan swab tidak lagi ke Jakarta. Karena sudah bisa langsung di Aceh melalui laboratorium PCR milik Balitbang Kemenkes RI yang ada di Siron Kabupaten Aceh Besar. 

"Kalau itu sudah masuk, berarti tidak perlu lagi ke Jakarta, bisa disini, laboratorium yang punya Kemenkes. Itu yang akan kita jadikan sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19 di Aceh," ujarnya. 

Sebelumnya, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, Pemerintah Aceh belum mempunyai cairan reagen untuk melaksanakan pemeriksaan swab menggunakan laboratorium  PCR.

Ketika cairan reagen itu tiba, maka pemeriksaan dapat dilakukan menggunakan laboratorium PCR yang kini sudah dimiliki Aceh, satu milik Unsyiah dan milik Kemenkes yang ada di Aceh Besar. 

Komentar

Loading...