Unduh Aplikasi

Pegiat Kemaritiman: Barsela Harus Punya Status Pelabuhan Terminal Umum Ekspor

Pegiat Kemaritiman: Barsela Harus Punya Status Pelabuhan Terminal Umum Ekspor
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Pegiat Kemaritiman, Masady Manggeng menyebutkan pantai barat selatan Aceh harus punya status pelabuhan terminal umum ekspor sehingga bisa dimanfaatkan multi perusahaan dan multi kepentingan.

Pun begitu kata dia, apa yang dicapai Aceh Jaya saat ini, adalah langkah maju untuk Aceh dan Barsela khususnya, harus diapresiasi. Meski baru berstatus Terminal khusus ekspor yang cakupannya hanya bisa dimanfaatkan oleh satu perusahaan dan komoditi yang terbatas.

Baca: Nova Luncurkan Ekspor CPO Perdana ke India dari Pelabuhan Calang

"Lalu, apa saja yang dibutuhkan Barsela untuk rebut status terminal umum eksport? Semakin Menarik! Pelajaran yang dapat diambil adalah persatuan kesepahaman, berbagi peran sesuai potensi daerah. tujuh Bupati plus 1 Walikota di Barat selatan Aceh harus turunkan tensi perebutan kawasan, karena kalau bicara kawasan ekonomi tidak bisa dengan status terminal khusus ekspor tetapi terminal umum ekspor," katanya.

Ady menjelaskan, terminal Khusus digunakan untuk kepentingan sendiri sementara terminal umum digunakan untuk kepentingan umum

Menurutnya, kalau Barsela mau menang substansi maka harus buat kajian bersama baru tentukan lokasi, jangan dibalik-balik. Draft RPJMN sudah harus ditanda-tangan Presiden, mudah-mudahan menang secara substantif.

Baca: Bupati Aceh Jaya Serahkan Dokumen KEK dan KIT kepada Plt Gubernur

"Untuk itu sebaiknya delapan kepala daerah duduk semeja rumuskan KEK. Dalam sejarah panjang Penetapan KEK, tidak da yang jalan. Karena yang dibutuhkan bukan hanya pendekatan politik tapi objektifitas dengan mengedepankan pendekatan substantif," sebutnya

"Jadi bukan kejar RPJMN, semangatnya lebih kepada kematangan persiapan. Kesimpulannya kemenangan bagi Barsela bukan kemenangan wilayah administatif kab/kota saja," sebutnya.

Komentar

Loading...