Unduh Aplikasi

Pedagang Somai di Aceh Timur Daftar Haji dengan Uang Receh

Pedagang Somai di Aceh Timur Daftar Haji dengan Uang Receh
Pihak Kemenag Aceh Timur sedang menghitung uang receh yang dibawa oleh Siti Maftuhah untuk mendaftar haji ke Kantor Kemenag Aceh Timur. Foto: For AJNN

ACEH TIMUR - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur dihebohkan dengan datangnya seorang pedagang somai yang mendaftar haji menggunakan uang logam recehan, Senin, 24 Agustus 2020.

Pedagang somai itu adalah Siti Maftuhah (37) warga Desa Akoja, Kecamatan Alue Ie Mirah, Aceh Timur. Ia datang ke kantor Kemenag didampingi suaminya Nurkhalis membawa uang logam recehan sebanyak Rp 25 juta.

Siti Maftuhah kepada pihak Kemenag Aceh Timur mengatakan, uang logam recehan Rp 25 juta itu merupakan hasil tabungan yang diperoleh dari jualan somai selama dua tahun.

Selama jualan somai, dirinya menabung uang koin tersebut di dalam kertas plastik warna putih ukuran 1,5 Kg.

Irfan, Humas Kemenag Aceh Timur yang dihubungi AJNN Selasa (25/8) mengatakan, untuk menghitung uang tersebut petugas pendaftaran haji di Kemenag Aceh Timur dibantu pihak Bank Muamalat Langsa membutuhkan waktu selama empat jam.

"Setelah dihitung sekitar empat jam lamanya, uang Rp 25 juta tersebut dinyatakan mencukupi untuk biaya setoran awal pendaftaran haji," kata Irfan.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Aceh Timur, H. Salman mengapresiasi yang dilakukan oleh Siti Maftuhah. 

H Salman berharap, yang dilakukan oleh Siti Maftuhah menjadi inspirasi bagi warga lainnya.

"Apa yang dilakukan Siti Maftuhah menjadi sejarah pertama tentang ada jamaah haji yang mendaftar menggunakan uang logam recehan hasil tabungan berjualan," ungkap H Salman.

Komentar

Loading...