Unduh Aplikasi

PDKS Simeulue Diminta Dikembalikan ke Daerah

BANDA ACEH – Anggota DPRK Simeulue, Darmili meminta pemerintah kabupaten Simeulue agar mengembalikan Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) kembali dikelola oleh daerah.

Hal itu disampaikannya kepada AJNN saat diwawancarai seusai mengisi Diskusi Pembangunan hari jadi 16 tahun Kabupaten Simeulue, yang dilaksanakan mahasiswa kecamatan Teupah Selatan, Kamis (15/10) di Banda Aceh.

Darmili mengatakan, pihaknya di DPRK Simeulue akan mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang membahas rencana pengalihan pengelolaan PDKS kembali ke Simeulue, yang saat ini sedang Kerja Sama Operasional (KSO) dengan PT Kasama Ganda. Rapat RDP itu direndanakan akan digelar Selasa (20/10) mendatang.

Menurutnya mengembalikan PDKS itu tidak cukup dengan RDP di DPRK saja, sehingga ia berharap adanya dukungan dari mahasiswa untuk menyuarakan secara bersama mengenai status PDKS saat ini, apakah dikembalikan ke daerah atau tetap dilanjutkan KSO dengan PT Kasama Ganda.

“Saya mengajak mahasiswa sebagai intelektual muda untuk melakukan aksi terkait status PDKS. Apakah dikembalikan ke daerah atau tetap dikelola oleh pihak swasta. Suara mahasiswa ini nantinya menjadi dasar dan pertimbangan kita di DPR," seru Darmili yang juga mantan bupati Simeulue itu.

Kepada AJNN, Darmili mengatakan bahwa ia berharap pengelolaan PDKS segera dikembalikan ke daerah. Karena menurutnya PDKS itu adalah aset rakyat yang harus bisa digunakan untuk mensejahterahkan masyarakat Simeulue.

“Kalau PDKS ini kembali dikelola oleh Simeulue, maka akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan kita bisa memanggil kembali masyarakat yang eksodus keluar Simeulue karena tidak adanya lapangan kerja di Simeulue," katanya.

Selain itu, anggota komisi B DPRK Simeulue itu juga menjelaskan kesiapan daerah untuk mengelola kembali PDKS. Ia menambahkan, saat ini direktur PDKS, Ir Yazid telah melakukan perencanaan-perencanaan terkait pengelolaan kembali PDKS oleh daerah.

“Langkah-langkah yang harus dilakukan sudah dibuat oleh direktur PDKS, Ir Yazid. Step by step sudah direncanakan, mulai dari bulanan hingga tahunan. Apa-apa yang harus kita lakukan sudah ada."

MITRO HERIANSYAH

Komentar

Loading...