Unduh Aplikasi

PDIP Dukung Wacana Borgol Tahanan Korupsi

PDIP Dukung Wacana Borgol Tahanan Korupsi
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait. Photo: CNN Indonesia

JAKARTA - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait mendukung wacana pemborgolan tahanan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wacana tersebut dicanangkan KPK untuk memberikan efek malu kepada tahanan korupsi KPK.

"Bagus, bagus, jadi saya pikir kita harus apresiasi sama KPK, saya setuju 100 persen," kata pria yang akrab dipanggil Ara ini di sela sela acara Refleksi Akhir Tahun 2018 Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (30/12).

Menurut Maruarar, pemborgolan menunjukkan pemerintah tidak melakukan sistem tebang pilih bagi para tahanan korupsi dan menunjukkan tahanan korupsi tidak kebal dengan borgol.

"Gerakan KPK selama ini bisa melakukan operasi tangkap tangan menangkap koruptor di mana mana, jadi tidak tebang pilih," kata Ara.

Wacana memborgol para tahanan korupsi disampaikan Ketua KPK Agus Rahardjo. Dia mengatakan pihaknya akan melakukan prosedur baru yaitu para tahanan korupsi diborgol saat dibawa dari rutan dan menuju rutan.

Agus mengatakan KPK sudah memiliki Peraturan Komisi yang akan mengatur pemborgolan. Ia berharap wacana ini sudah bisa diterapkan pada tahun 2019.

Seperti yang diketahui, setiap tahanan KPK yang keluar masuk Gedung KPK hanya menggunakan rompi tahanan berwarna oranya. Kendati demikian, tangan mereka tidak diborgol.

Agus berharap dengan adanya wacana ini bisa memberikan efek jera dan malu bagi para tahanan korupsi. Efek ini diharapkan akan memberikan keengganan untuk melakukan korupsi.

Komentar

Loading...