Unduh Aplikasi

PDA Beri Sinyal Usung Teuku Irfan TB Jadi Calon Bupati, PPP Tunggu Putusan Pusat

PDA Beri Sinyal Usung Teuku Irfan TB Jadi Calon Bupati, PPP Tunggu Putusan Pusat
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH JAYA - DPW Partai Daerah Aceh (PDA) dan DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kabupaten Aceh Jaya mulai menjajaki peluang berkoalisi untuk mengusung paket calon bupati dan calon wakil bupati pada Pilkada 2022 mendatang.

Peluang koalisi tersebut muncul dalam pembicaraan politik ditingkat elit kedua parpol tersebut dalam sepekan terakhir ini.

Diketahui, dua parpol tersebut memiliki tiga kursi di DPRK Aceh Jaya, yakni PDA dua kursi dan PPP satu kursi. Jika digabungkan menjadi tiga kursi, maka PDA dan PPP memenuhi syarat untuk mengusung paket calon bupati/wakil bupati atau 15 persen dari jumlah kursi di DPRK Aceh Jaya.

Menurut Sekretaris Umum PDA Aceh Jaya Nasri Saputra, penjajakan koalisi tersebut masih sebatas wacana dan terus dilakukan dengan membuka peluang bagi partai-partai lainnya yang memiliki kursi di DPRK maupun partai nonkursi.

“Artinya koalisi yang kami bangun adalah koalisi bersama untuk satu arah dan tujuan yang sama membangun Aceh Jaya yang lebih baik, dan perkembangan kelanjutan daripada wacana ini pastinya akan kami laporkan ke DPP nantinya dengan tujuan pertimbangan dan arahan," kata Nasri kepada AJNN, Minggu (28/6).

Dia menyebutkan, keputusan PDA berkoalisi dengan PPP dan partai lainnya akan terus dimatangkan dalam rapat pimpinan cabang (Rapimwil) sambil menunggu keputusan final dari DPC PPP.

“Rapimwil akan menyusul sambil juga kami merangkul partai lain untuk bisa masuk dalam koalisi bersama ini,” ujarnya.

Sejauh ini, kata Nasri, PDA belum menentukan bacalon bupati/wakil bupati yang akan diusung, namun sudah mengantongi beberapa nama sosok yang dianggap layak dan memiliki nilai tawar politik yang potensial.

"Belum ada bacalon yang final, namun untuk sosok yang dianggap layak dan miliki nilai tawar yang akan diusung itu bisa jadi pasangan T. Irfan TB - H Syamsuddin atau T. Irfan TB - Teungku Insafuddin," ungkapnya.

"Atau mungkin saja pasangan Nasri Saputra - Teungku Muzanni, pasangan Zaini Bakri - H. Dasril A Rahman atau pasangan H Dasril A Rahman - Amiruddin dan bisa jadi pasangan Zaini Bakri - Nasri Saputra," tambahnya.

Semua sosok bakal calon tersebut akan dimasukkan kedalam daftar survei elektabilitas nantinya, sehingga finalnya tergantung hasil survei nantinya.

Secara terpisah, Ketua DPC PPP Aceh Jaya Teungku Muzanni menyebutkan pihaknya juga sudah mulai membangun komunikasi politik dengan beberapa parpol lainnya baik parpol yang mempunyai kursi di parlemen maupun non kursi.

“Komunikasi koalisi yang kami bangun berlandaskan persamaan persepsi, ide dan visi-misi ke depan,” ujarnya.

Menurutnya, koalisi yang dijajaki DPC PPP lebih pada tujuan mengusung paket calon dari kalangan figur profesional yang berkomitmen membangun Aceh Jaya periode mendatang.

“Untuk arah koalisi memang saat ini kami masih menunggu hasil keputusan final partai di tingkat provinsi dan pusat, baru kemudian kami menentukan sikap politik di tingkat kabupaten kota,” pungkasnya.

Komentar

Loading...