Unduh Aplikasi

PCR Unsyiah Sudah Tes 700 Swab, Dua Orang Positif

PCR Unsyiah Sudah Tes 700 Swab, Dua Orang Positif
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Polymerase Chain Reaction (PCR) Laboratorium Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sudah melakukan tes swab virus corona terhadap 700 orang.

Dari 700 orang yang dites swab itu, baru dua pasien yang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19, yaitu pasangan suami istri asal Lhokseumawe yakni MS (42) dan istrinya DL (41) pada Rabu, 10 Juni 2020 pekan lalu.

"Sejauh ini sudah mencapai 700, pemeriksaan yang kami lakukan dengan hasil dua yang positif, yang pasangan suami istri itu," kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Unsyiah, Dr Safrizal Rahman kepada AJNN, Kamis (18/6).

Safrizal menyampaikan, 700 orang yang dites swab itu adalah mereka yang ingin bepergian keluar daerah, kemudian orang-orang kesehatan seperti peserta didik seperti PPTS, serta karyawan perusahaan swasta di Aceh.

"Untuk yang peserta didik gratis, tapi kalau yang perusahaan itu sifatnya kerjasama," ujar Ketua IDI Aceh ini.

Baca: Sembilan Pasien Positif Corona di Aceh Utara Dievakuasi ke RSUDZA

Selain itu, kata Safrizal, dari 700 orang yang sudah dites swab tersebut, juga sudah termasuk warga Banda Aceh yang dilakukan berkat kerjasama dengan Pemerintah Kota Banda Aceh sebelumnya.

"Termasuk kerjasama pemeriksaan swab yang diminta Pemerintah Kota Banda Ace sudah dilaksanakan," ucapnya.

Ia menyampaikan, untuk saat ini juga sudah ada pemerintah kabupaten/kota lainnya yang mengajukan kerjasama pemeriksaan swab dengan Unsyiah, yakni Kabupaten Aceh Besar dan Kota Langsa.

"Namun, untuk jadwal masih dalam pembahasan, karena saat ini masih membicarakan teknisnya, setelah semua pasti, nanti baru kami mulai," tutur Safrizal.

Unsyiah mempunyai target pemeriksaan swab virus corona ini sebanyak 1.200 orang. Termasuk para mahasiswa baru Unsyiah nantinya.

Komentar

Loading...