Unduh Aplikasi

PBB Gugat KIP Pidie Jaya

PBB Gugat KIP Pidie Jaya
Ketua DPC PBB Pidie Jaya, Azwar Aswah. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Partai Bulan Bintang (PBB) menggugat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan ke MK itu dilayangkan karena KIP setempat tidak mengindahkan gugatan yang pernah dilayangkan oleh DPC PBB Pidie Jaya beberapa waktu lalu.

“PBB telah memasukan gugatan ke MK pada Kamis 23 Mei 2019. KIP tidak mengabulkan rekomendasi Bawaslu terkait kecurangan yang terjadi di Gampong Paru, Kecamatan Bandar Baru,” kata Ketua DPC PBB Pidie Jaya, Azwar Aswah kepada AJNN, Senin (27/5).

Azwar yang juga merupakan anggota DPRK Pidie Jaya itu menjelaskan, penyelenggara pemilu di kabupaten tersebut melakukan kecurangan dengan sistematis, terstruktur dan masif di Gampong Paru Keude, Kecamatan Bandar Baru, kabupaten setempat. Di gampong tersebut, lanjutnya, terdapat delapan tempat pemungutan suara (TPS).

“Kecurangan di Gampong Paru itu sistematis, terstruktur dan masif, karena pelakunya adalah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” ungkap Azwar.

Terpisah, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya, Iskandar mengatakan, untuk Pidie Jaya, hanya PBB yang melayangkan gugatan ke MK. Namun pihaknya belum menerima salinan resmi dari MK terkait gugatan PBB tersebut.

“Kami belum mendapat salinan resmi dari MK, sehingga belum mengetahui pokok gugatan yang dilayangkan oleh PBB. Namun kemungkinan besar gugatan itu khusus ditujukan pada dapil III (Kecamatan Bandar Baru),” sebut Iskandar.

Komentar

Loading...