Unduh Aplikasi

Pawai Obor dan Replika Perahu Meriahkan Malam Takbiran di Lhokseumawe

Pawai Obor dan Replika Perahu Meriahkan Malam Takbiran di Lhokseumawe
Pawai obor di Gampong Kandang, Kota Lhokseumawe. Foto: Sarina

LHOKSEUMAWE – Dalam rangka memeriahkan malam takbiran Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Seratusan masyarakat pemukiman Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe  melaksanakan pawai obor serta menghias kendaran yang dipakai untuk keliling mengikuti pawai takbir tersebut.

Amatan AJNN,  pawai obor yang dilaksanakan sekira pukul 21.00 WIB, diikuti sekitar ratusan orang yang terdiri dari jemaah masjid Jami At-Tahrir, jemaah salat, dan juga anak-anak balai pengajian, dengan cara mengelilingi seluruh jalan dan gang-gang kecil yang ada di pemukiman tersebut dengan masing-masing membawa obor yang sudah dinyalakan.

Pelaksana Kegiatan, Teungku Munawar Khalid mengatakan, Pawai obor tersebut merupakan kegiatan rutin setiap malam lebaran tiba, yakni takbir bersama masyarakat, baik itu hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha guna untuk mensyiarkan takbiran kepada generasi muda.

“Kita sengaja memeriahkan malam takbiran dengan cara mengelilingi gampong menggunakan obor supaya suasana malam takbiran juga meriah di perkampungan bukan hanya di perkotaan saja,” katanya.

Sambungnya, pihaknya menggunakan api obor disamping menjadi tradisi, melihat selama ini yang dilakasanakan di kota umumnya tidak efesien. Sementara untuk perahu merupakan kreatifitas remaja masjid dalam bentuk aktifitas semata dan juga guna menjaga rasa tradisional.

“Kita berharap supaya terus  dipelihara tradisi seperti ini, kita yang menggagakan jika sudah tiada nanti bisa dilanjutkan oleh generasi muda mendatang. Seperti tertulis di kitab-kitab bahwa takbir hari raya di jalan dan lorong serta lembah, bukan menggunakan kendaraan,” ungkapnya.

Komentar

Loading...