Unduh Aplikasi

Pasien Positif Membaik, Ruang RICU RSUDZA Kosong

Pasien Positif Membaik, Ruang RICU RSUDZA Kosong
Ilustrasi. Foto: Pngtree.com/unfamouzzz

BANDA ACEH - Satu pasien positif corona (Covid-19) yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh kondisinya sudah mulai membaik.

Kini pasien tersebut sudah dirawat di ruang isolasi biasa. Tidak lagi di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) yang ada di rumah sakit pemerintah Aceh tersebut.

Wakil Direktur Pelayanan RSUDZA Banda Aceh, Endang Mutiawati mengatakan, sejak beberapa hari ini sudah tidak ada lagi pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 yang dirawat di ruang RICU Zainal Abidin.

Baca: Hasil Swab Ketiga, Satu Pasien di RSUDZA Masih Positif

Hal itu karena memang saat ini sudah tidak ada lagi pasien yang mengalami keluhan berat, secara umum kondisi PDP sudah membaik.

Perawatan di ruang RICU itu hanya bagi pasien yang keadaan secara umumnya kurang baik. Atau untuk pasien dengan ancaman gagal nafas.

"Sudah tidak ada lagi pasien. Di ruang intensif (RICU) itu kalau yang keadaan umumnya kurang baik," kata Endang Mutiawati saat dihubungi AJNN, Sabtu (11/4).

Endang menyampaikan, sejauh ini, pasien PDP dengan keadaan umumnya baik hanya tinggal antara tiga atau empat orang lagi di RSUDZA, mereka dirawat di ruang isolasi biasa. Karena itu, sudah tidak ada lagi para pasien di ruang intensif atau RICU.

"Kosong, untuk dua hari ini kosong. Yang masih positif satu orang keadaan umumnya bagus, dirawat diruang isolasi biasa," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Endang juga menyampaikan, RSUDZA sudah terbagi dua wilayah, yakni rumah sakit lama untuk area Covid-19, terdapat ruang rawat intensif, isolasi serta Poliklinik.

Sedangkan rumah sakit baru bagi pasien dengan penyakit di luar Covid-19, seperti yang menderita penyakit jantung, darah tinggi, Diabetes mellitus (DM) serta penyakit umum lainnya.

"Itu area rumah sakit baru namanya non Covid-19, sementara yang lama daerah Covid-19. Jadi tidak bercampur lagi," terang Endang.

Endang juga mengimbau kepada masyarakat Aceh yang berobat ke RSUD Zainal Abidin untuk selalu merawat diri dengan menjaga kebersihan, memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, serta berbagai upaya pencegahan lainnya.

Komentar

Loading...