Unduh Aplikasi

Pasien Positif Corona yang Ditangani di RSUD Tgk Chik Ditiro Berasal dari Luar Aceh

Pasien Positif Corona yang Ditangani di RSUD Tgk Chik Ditiro Berasal dari Luar Aceh
Tim Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Pidie memberikan keterangan pers. Foto: For AJNN

PIDIE - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pidie, Efendi mengatakan, pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) berdasarkan hasil rapid test di Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk Chik Ditiro, Sigli bukan warga asal Kabupaten Pidie.

"Pasien tersebut pendatang dari Medan hanya dan menyewa rumah di Pidie, namun untuk indentitas nama pasien tidak boleh disebutkan," kata Efendi.

Pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 34 tahun saat ini masih dalam perawatan di RSU Tgk Chik Ditiro, dan direncanakan akan dirujuk ke RSUZA Banda Aceh untuk dilakukan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR).

Baca: Hasil Rapid Test, Satu PDP di Pidie Positif Corona

Dia menyebutkan, terhitung hari ini, 09 April 2020, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 22 orang dengan rincian 12 orang dalam pemantauan, yang sudah selesai proses pemantauan 10 orang.

Sedangkan jumlah pasien dalam pemantauan (PDP) 9 orang, dengan rician 1 PDP yang dirawat dirawat Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk Chik Ditiro, Sigli, 5 PDP diisisolasi di rumah dan tiga PDP sudah pulang.

Sementara Tim Gugus Covid-19 Pidie, Bidang Pelayanan RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, dr Dwi Wijaya mengatakan, meski hasil ravid tes anti body menyatakan 1 orang positif terjangkit virus corona, namun pihaknya sejauh ini belum dapat menyimpulkan hasil tes ravid tes anti body bahwa terpapar covid-19.

“Hasil hasil test melalui Rapid Test ini belum dapat disimpulkan bahwa pasien itu menderita covid secara pasti,” katanya.

Dia menjelaskan, saat ini pasien dalam kondisi stabil, namun tetap dalam pengawasan dr Khalif Nurdin spesialis paru dan dokter spesialis penyekit dalam RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli.

“Tim Covid RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli rencananya hari ini akan merujuk pasien PDP tersebut ke Rumah Sakit Umum (RSU) Zoelnal Abidin Banda Aceh untuk dilakukan swab,” kata Dwi.

 

Komentar

Loading...