Unduh Aplikasi

Pasca Jatuh Korban, Pemkab Abdya Bakal Perbaiki Jembatan Rubek Meupayong

Pasca Jatuh Korban, Pemkab Abdya Bakal Perbaiki Jembatan Rubek Meupayong
Kondisi jembatan Rubek Meupayong yang sudah lapuk dimakan usia. Foto: Ist

ACEH BARAT DAYA - Jembatan penghubung dua desa tempatnya Desa Cot Mancang dan Desa Rubek Meupayong, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dipastikan bakal segera dibangun pada tahun 2019.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya, Moch Tavip mengatakan pembangunan jembatan dengan ukuran panjang serta lebar enam meter itu, untuk pembiayaannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK).

"Pembiayaannya masuk kedalam DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) Dinas PU tahun 2019," kata Moch Tavip kepada AJNN, Selasa (19/3).

Rencana pembangunan jembatan darurat dengan konstruksi batang kelapa tersebut, akan dilaksanakan pada Mei 2019. Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan jembatan yang sempat memakan korban beberapa waktu lalu itu, yakni sebesar Rp 238 juta.

Baca: Jembatan Lapuk Dimakan Usia, Pengendara Betor Jatuh ke Sungai

"Pengerjaaannya diperkirakan akan dilaksanakan pada Mei atau Juni 2019," ungkapnya.

Menurut Moch Tavip, pada tahun 2018 pihaknya pernah mendatangi lokasi jembatan yang menghubungkan dua desa tersebut. Bahkan, pihaknya pernah mengusulkan pembangunan jembatan darurat itu dalam APBK perubahan tahun 2018.

"Ternyata Abdya tidak ada APBK-P tahun 2018. Jadi tidak ada pembahasan," ujarnya.

Sementara itu, kata Moch Tavip, seluruh jembatan yang putus atau rusak di Kabupaten Abdya masuk kedalam target pembangunan Dinas PU Abdya. Namun, setelah diusulkan beberapa usulan ditangguhkan pembangunannya.

"Tergantung urgensinya," tutupnya singkat.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...