Unduh Aplikasi

Pasca Gempa, Petani di Pijay Kembali Garap Sawah

Pasca Gempa, Petani di Pijay Kembali Garap Sawah

PIDIE JAYA - Tepat satu pekan pasca gempa yang menguncang Kabupaten Pidie Jaya (Pijay), kini para petani sudah mulai mengarap sawahnya kembali.

Seperti yang terpantau di wilayah Kecamatan Bandar Baru, Rabu (14/12), sejumlah petani sudah mulai turun kesawah. Sebelumnya, pasca gempa yang melanda kabupaten tersebut, petani membiarkan sawah mereka begitu saja karena trauma akibat gempa.

"Kajeut ta tren ublang, han meumada lagei nyoe sabe (sudah boleh turun sawah, tidak boleh seperti ini selalu)," kata seorang petani di kecamatan itu, Abdullah Sufi (45) kepada AJNN.

Menurutnya, semua orang merasakan trauma akibat gempa. Namun jika selalu dibiarkan seperti ini dan terus menunggu bantuan dari pemerintah, maka ekonomi masyarakat akan semakin terpuruk.

Dari itu, dia mengajak semua petani di kabupaten itu untuk segera turun kesawah. Pasalnya kata dia, bibit padi yang sudah ditebur sekarang hampir memasuki masa tanam.

"Jangan sepenuhnya bergantung bantuan dari pemerintah. Mari turun sawah, karena ini sudah mulai memasuki masa tanam. Saya rasa semua orang trauma, tapi alangkah baiknya kita bangkit dari rasa trauma ini. Bek sampe deuk aneuk ngen peurumoh teuh singeh (jangan sampai anak dan istri kelaparan nanti)," imbuhnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...