Unduh Aplikasi

Pasar Terbengkalai di Pusong akan Dialihfungsikan Jadi Hotel

Pasar Terbengkalai di Pusong akan Dialihfungsikan Jadi Hotel
Pasar terbengkalai yang rencana dialihfungsikan jadi hotel. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota Lhokseumawe akan mengalihfungsikan bangunan pasar tradisional yang terbengkalai di Gampong Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe menjadi hotel (penginapan).

“Jadi, menindaklanjuti seruan dari Kemendagri, aset-aset atau bangunan lama yang terbengkalai agar segera difungsikan kembali. Sebelumnya, di tahun 2019 bangunan itu sudah direhab oleh Disperindag Aceh namun tidak juga digunakan,” kata Kadisperindagkop Lhokseumawe, Ramli kepada AJNN, Senin (20/7).

Sambung Ramli, oleh karena itu pihaknya berinisiatif agar bangunan tersebut bisa digunakan, dan juga bermanfaat untuk masyarakat, Pemko Lhokseumawe dan pendapatan asli daerah (PAD), maka akan dialihkan menjadi hotel.

Menurutnya, bangunan terbengkalai itu dijadikan hotel, karena bentuk bangunannya berupa jembatan. Dan di bawahnya akan tetap dijadikan pasar tradisional, dan nanti akan dikelola dengan baik, agar tidak sembrawut seperti saat ini.

“Kita sudah memanggil konsultan, dan saat ini mereka sedang bekerja untuk membuat detail engineering design (DED) yang anggarannya sudah dialokasikan dalam APBK Lhokseumawe tahun 2020,” ujarnya.

Sambung Ramli, pihaknya merencanakan di tahun 2021 gedung tersebut sudah bisa dibangun, selain itu, setelah berkoordinasi dengan pengusaha dari perhotelan, mereka bersedia mengelola jika tidak ada pengelola lainnya.

“Nanti setelah bangunannya selesai, maka baru kita berkoordinasi kembali, apakah dikelola langsung oleh Disperindagkop, diserahkan ke PDPL atau ke swasta, tergantung mekanismenya ke depan,” tuturnya.

Komentar

Loading...