Unduh Aplikasi

DAMPAK VIRUS CORONA

Pasar Meulaboh Sepi, DPRK Usul Hapus Retribusi Sementara

Pasar Meulaboh Sepi, DPRK Usul Hapus Retribusi Sementara
Pasar Raya Meulaboh. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat meminta pemerintah kabupaten setempat untuk memperhatikan kondisi ekonomi pelaku usaha mikro di daerah tersebut yang kian lesu selama wabah Corona Virus Diases (COVID 19). Bahkan aktivitas jual beli di pasar juga mulai lesu.

Wakil Ketua Komisi II DPRK setempat, Said Rizqi Saifan, mengatakan sejak wabah COVID 19 melanda belahan dunia, saat ini perkembangan ekonomi bagi pelaku usaha mikro kian terjepit. Bahkan, saat ini pedagang kecil yang ada di Kompleks Pasar Bina Usaha Meulaboh mulai merasakan dampaknya atas wabah virus mematikan tersebut.

“Tadi saya turun ke lapangan juga melihat aktivitas transaksi di pasar mulai lesu, dikarenakan dampak isu tersebut membuat masyarakat mulai ketakutan berada di tempat keramaian,” kata Said Rizqi Saifan, Kamis (19/3).

Lesunya transaksi jual beli di pasar saat ini, membuat omset para pedagang kecil di pasar menurun, sehingga para pedagang tersebut kesulitan dalam memutar modal bagi usahanya. Dampak yang paling besar dirasakan adalah pedagang kaki lima.

Melihat kondisi saat ini, politisi partai Golkar itu berharap agar Pemkab Aceh Barat untuk segera mengambil langkah yang dapat memberikan keringanan bagi para pedagang mikro maupun kecil dengan cara menghapus sementara retribusi pasar dari para pedagang.

“Saat ini saya lihat mak-mak dan bapak-bapak pedagang kecil di Aceh Barat lesu ekonomi mereka, jadi saya meminta kepada pemerintah untuk tidak memungut dulu retribusi kepada mereka,” ungkap Said.

Menurut Said meskipun jumlah retribusi pasar yang selama ini dikutip dari para pedagang tidak terlalu besar, namun dengan dihapuskannya retribusi itu sementara hingga wabah COVID 19 ini tertangani akan memberikan dampak baik dalam membantu para pedagang tersebut.

"Kami berencana akan membuat rekomendasi tertulis kepada Pemerintah Aceh Barat untuk menghapus sementara pengutipan retribusi pasar kepada para pedagang kecil," ujarnya.

Komentar

Loading...