Unduh Aplikasi

Pasar di Pijay Padat Pengunjung, Prokes Terabaikan, Satgas Covid-19 Kemana ?

Pasar di Pijay Padat Pengunjung, Prokes Terabaikan, Satgas Covid-19 Kemana ?
Kondisi hari pekan di pasar Meureudu, Rabu (5/5). Foto: AJNN/Muksalmina

PIDIE JAYA - Hari pekan di pasar setiap kecamatan dalam Kabupaten Pidie Jaya kerap digunakan masyarakat setempat untuk berbelanja bermacam keperluan, apalagi menjelang lebaran, hari pekan di pasar kecamatan dalam kabupaten setempat disesaki warga.

Adapun hari pekan atau hari keramaian di Pidie Jaya adalah, Kecamatan Bandar Baru pada hari Minggu, Kecamatan Trienggadeng hari Senin, Meureudu hari Rabu, Jangkabuya hari Kamis, dan Kecamatan Bandar Dua dilaksanakan pada hari Selasa. 

Hari ini, Rabu (5/5), adalah hari pekan ke dua sebelum lebaran Idul fitri 1442 Hijriah, sementara hari pekan terakhir bertepatan dengan hari meugang. 

Seperti biasa, hari pekan di pusat ibukota Pidie Jaya itu selalu disesaki warga, meski di tengah pandemi Covid-19 sekalipun, kerumunan terlihat di pasar tersebut, apalagi mejelang lebaran, tentunya semua masyarakat perlu belanja untuk kebutuhan hari raya. 

Namun sangat disayangkan, protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah untuk menjauhi kerumunan sama sekali tidak diindahkan, bahkan banyak warga tidak mengunakan masker, kondisi ini mengambarkan seakan masyarakat tidak peduli lagi dengan wabah asal Wuhan, China itu.

Bahkan Pantauan AJNN, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pidie Jaya yang dibentuk untuk penanggulangan wabah corona sama sekali tidak terlihat di pasar tersebut, baik untuk melakukan sosialisasi ataupun sekedar himbauan agar menjauhi kerumunan dan memakai masker. 

Di tempat-tempat lain, kerumunan menjadi perhatian pemerintah, tetapi, saat kerumunan di pasar-pasar terjadi, Satgas Covi-19 kemana.

Jubir Satgas Covid-19 Pidie Jaya, edi Azwar mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Namun khusus untuk ketertiban umum, kata dia, itu wewenang bidang ketertiban umum, dalam hal ini di bawah tanggung jawab Satpo PP setempat.

“Satgas selama ini terus mengimbau untuk memperketat prokes. Terkait keramaian itu ada pada bidang ketertiban umum dan penegakan prokes, biar lebih jelas coba dikonfirmasi ke Kepala Satpol PP, karena beliau yang membidangi bidang itu,” pintanya.

“Mungkin ini (keramaian di pasar) menjadi bahan evaluasi bagi kami, nanti kami akan rapat dulu dengan bidang ketertiban umum dan bidang kesehatan, untuk prokes harus maksimal. Kami pada Dinas Kesehatan rencana menjalankan ambulance meu pep-pep untuk melakukan sosialisasi,” pungkas Plt Kadis Kesehatan Pidie Jaya itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP Pidie Jaya, M Thaib yang dihubungi AJNN enggan menjawab terkait kerumunan di pasar-pasar dalam Kabupaten Pidie Jaya.

“Dengan kabid saja ya, karena saya sedang itu sebentar ya,” jawab M Thaib. Namun ketika ditanyai Kabid apa, M Thaib langsung mematikan telepon selulernya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...