Unduh Aplikasi

Pasal Seharga Rp50,5 Juta yang Dilanggar Messi demi Maradona

Pasal Seharga Rp50,5 Juta yang Dilanggar Messi demi Maradona
Foto: fcbarcelonanoticias.com

JAKARTA - Lionel Messi melakukan selebrasi gol saat Barcelona melawan Osasuna yang dinilai telah melanggar peraturan RFEF. Barcelona pun didenda 3 ribu Euro atau Rp50,5 juta akibat selebrasi tersebut.

Barcelona menggebuk Osasuna 4-0 dalam lanjutan Liga Spanyol, Minggu (29/11). Satu gol dibuat Lionel Messi di menit 73.

Dia lalu memisahkan diri dari kerumunan rekan-rekannya yang ikut merayakan gol penutup tersebut.

La Pulga lantas melepas jersey Barcelona dan memperlihatkan seragam Newell's Old Boys berwarna hitam merah dengan nomor punggung 10.

Sembari menengadahkan kepala dan tangan ke atas, Messi mempersembahkan gol tersebut untuk mendiang Diego Maradona yang meninggal tengah pekan lalu akibat serangan jantung.

Selain diberi kartu kuning oleh wasit, selebrasi itu juga membuat Barcelona didenda.

Selebrasi itu dianggap menyalahi peraturan, khususnya Pasal 91 Kode Disiplin RFEF. Peraturan itu mengacu pada aturan FIFA, dan berlaku untuk semua kompetisi resmi tak hanya Liga Spanyol.

Pasal 91 itu menyebutkan, "pemain yang, setelah mencetak gol atau karena alasan lain, mengangkat bajunya dan menampilkan segala jenis iklan, slogan, pesan, akronim, anagram atau gambar, apa pun isi atau tujuannya dari tindakan tersebut, akan dihukum, sebagai pembuat pelanggaran serius, dengan denda hingga 3.000 euro dan peringatan."

Messi diketahui mengidolai Maradona. Karenanya ketika sang 'dewa' pergi untuk selama-lamanya Messi sangat bersedih.

Gol yang ia ciptakan ke gawang Osasuna lalu melakukan selebrasi dengan mengenakan seragam Newell's Old Boy dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada Maradona.

Komentar

Loading...