Unduh Aplikasi

Partisipasi Politik Masyarakat Aceh Utara pada Pemilu 2019 Meningkat

Partisipasi Politik Masyarakat Aceh Utara pada Pemilu 2019 Meningkat
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Ilham Saputra bersama Staf KPU pada saat meninjau gudang penyimpanan surat suara di KIP setempat.

ACEH UTARA - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara mengklaim tingkat partisipasi politik masyarakat Kabupaten Aceh Utara pada Pemilu 2019 mengalami peningkatan cukup baik.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara, Zulfikar melalui Sekretaris Hamdani menyebutkan, sesuai data akhir KIP Aceh Utara, persentase pemilih di semua tingkat dalam Pemilu 2019 mencapai 76 persen.

"Rata-rata persentase untuk semua tingkatan pemilihan, baik itu pemilihan Presiden, DPRK, DPRA, DPD dan DPR RI, Kabupaten Aceh Utara, berada di atas 76,74 persen," kata Hamdani kepada AJNN, Rabu (21/8).

Hamdani mengatakan sudah mengkalkulasi jumlah dan persentase pemilih pada Pamilu 2019, dan kata dia hal itu boleh jadi berada di atas rata-rata nasional yang menargetkan 76 persen saja.

"Ada beberapa dapil yang jumlah pemilihnya tingkat pemilihan DPRK hampir mencapai 100 persen, dan ada juga bebeberapa dapil seperti Kecamatan Samudera dan Syamtira Aron tingkat partisipasi hanya diatas 50 persen," jelasnya.

Hamdani menjelaskan, sejauh ini pihaknya terus melakukan evaluasi untuk tahapan baik yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang berjalan.Untuk sengketa gugatan Partai Gerindra dan Nasdem di Mahkamah Konstitusi sudah selesai.

"Sengketa gugatan di MK sendiri untuk dua partai termohon ditolak dan kita anggap sudah tuntas," ujarnya.

Hamdani menambahkan, pada kunjungan salah seorang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Ilham Saputra bersama Staf KPU pada Selasa (20/8) siang, dengan agenda konsolidasi serta memberi apresiasi kepada KIP Aceh Utara atas tahapan pelaksanaan Pemilu dengan tingkat partisipasi politik masyarakat Aceh Utara yang meningkat dan lebih baik.

"Dalam kunjungan KPU pusat, selain meninjau gedung dan gudang penyimpanan surat suara KIP Aceh Utara, KPU juga memberikan apresiasi untuk tingkat partisipasi pemilih Aceh Utara pada Pemilu 2019 lalu," pungkasnya 

Komentar

Loading...