Unduh Aplikasi

Partisipasi Pemilih di Banda Aceh Meningkat Hingga 78 Persen

Partisipasi Pemilih di Banda Aceh Meningkat Hingga 78 Persen
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Tingkat partisipasi pemilih di Kota Banda Aceh meningkat pada Pemilu 17 April 2019 jika dibandingkan dengan Pemilu maupun Pilkada sebelumnya.

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh telah menghitung persentase pemilih mulai dari Pilkada 2017 hingga Pemilu 2019. Dimana angka tahun ini meningkat jauh dan bahkan dinilai tertinggi sepanjang sejarah pesta demokrasi di Banda Aceh.

Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwadi menyebutkan, untuk pemilih Presiden pada Pemilu 2019 ini mencapai angka 123 ribu lebih dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 157 ribu lebih, atau sebesar 78,67 persen, artinya melebihi target nasional.

"Partisipasi pemilih alhamdulullah meningkat, untuk pemilih presiden kalau kita cari persentase nya ada 78,67 persen. Lebih tinggi dari target nasional yaitu 77,5 persen," sebut Indra Milwadi, Selasa (30/4).

Prestasi ini, kata Indra, dapat dikatakan Pemilu tertinggi sepanjang sejarah pesta demokrasi di Kota Banda Aceh. Mengingat saat Pilkada 2017 lalu hanya bertahan pada angka 63,9 persen.

"Ini tertinghi sepanjang sejarah pemilu di Kota Banda Aceh. Terakhir yang tinggi waktu Pilkada 63,9 pesen sudah paling tinggi," ujarnya.

Indra menuturkan, ada beberapa hal yang menyebabkan tinggi nya angka pemilih dalam Pemilu 2019 ini antara lain karena faktor masif nya sosialisasi yang dilakukan penyelenggara pemilu.

Kemudian didukungnya dengan strategi sosialisasi membagi pemilih pada segmen-segmen hingga 11 basis yaitu pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, disabilitas, agama, marginal, berkebutuhan khusus, keluarga dan berbagai basis lainnya, sehingga pesan yang disampaikan lebih tepat.

Selanjutnya, juga karena adanya relawan demokrasi yang direkrut sebanyak 55 orang bekerja dengan baik mensosialisasikan pemilu.

"Antusiasme masyarakat yang meningkat karena pelaksanaan pemilu serentak pilpres dan pileg di 2019," pungkas Indra.

Komentar

Loading...