Unduh Aplikasi

Partai Politik Disebut Paling Tidak Siap Pilkada Serentak

Partai Politik Disebut Paling Tidak Siap Pilkada Serentak
JAKARTA - Direktur Populi Center Nico Harjanto mengungkapkan partai politik merupakan pihak yang paling berkepentingan dalam pemilihan kepala daerah 2015. Namun partai politik malah menjadi pihak yang paling tidak siap untuk mengikuti pesta demokrasi yang digelar di 269 daerah pada 9 Desember mendatang.

"Pilkada serentak itu kan yang mengusulkan para politisi sendiri. Tetapi, justru mereka enggak mempersiapkan partainya," kata Nico dalam acara Perspektif Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 5 Desember 2015. Menurut Nico, hingga saat-saat terakhir, masih ada partai yang mengganti rekomendasinya terhadap pasangan calon kepala daerah.

Nico mengatakan banyak partai politik yang tidak mau berinisiatif untuk mendukung kader-kader terbaiknya maju dalam pilkada. "Partai tidak mau mendorong tokoh-tokoh yang baik. Partai pun cenderung pasif. Yang menjahit koalisi itu pasangan calon sendiri," ujar Nico.

Karena itu, banyak sekali pasangan-pasangan calon kepala daerah yang diusung partai-partai yang ideologinya berbeda 180 derajat. "Saat pemilihan presiden 2014 bersaing, kok sekarang jadi pasangan calon. Preman-premannya yang kemarin berantem, kok sekarang disuruh bahu-membahu. Banyak hal yang kemudian enggak masuk. Makanya pilkada sampai hari ini adem ayem," tutur Nico.

Ketua Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Didik Supriyanto pun menambahkan, rendahnya gaung pilkada serentak pada tahun ini berbanding terbalik dengan apa yang menjadi harapan sebelumnya. "Dulu itu kan teriaknya pembuat undang-undang kalau pilkada serentak berjalan akan ramai. Tapi kan kenyataannya sepi. Dulu yang rame saja partisipasinya sedikit, apalagi kalau yang sepi seperti sekarang," kata Didik.

Pada 9 Desember mendatang, Indonesia akan segera menggelar hajatan besar pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015 secara serentak. Menurut catatan Komisi Pemilihan Umum, 269 daerah di Tanah Air yang mengikuti pilkada serentak tahun ini. Pemerintah melalui Keputusan Presiden RI Nomor 25 Tahun 2015 pun menyatakan 9 Desember 2015 akan menjadi hari libur nasional.
Aceh UMKM Expo 2019
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh

Komentar

Loading...