Unduh Aplikasi

Parpol di Banda Aceh Belum Pasang Jadwal Kampanye Terbuka

Parpol di Banda Aceh Belum Pasang Jadwal Kampanye Terbuka
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Sudah tiga hari sejak Minggu 24 Maret 2019 kampanye terbuka dijadwalkan, belum ada satupun calon legislatif maupun partai politik di Banda Aceh yang melapor akan melaksanakan rapat umum tersebut.

Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh Yusri Razali membenarkan bahwa sejauh ini belum ada jadwal kampanye yang digunakan oleh caleg maupun partai politik di Banda Aceh. Bahkan pemberitahuan kepada KIP untuk menggunakan lokasi kampanye juga belum dilaporkan.

"Hingga Senin itu tidak ada yang gunakan lapangan yang sudah kami sediakan untuk kampanye terbuka," kata Yusri Razali kepada wartawan, Selasa (26/3).

Meskipun belum ada yang mendaftar, KIP Banda Aceh tetap memantau parpol yang masih gencar melaksanakan kampanye terbatas, karena memang saat ini mereka (Caleg) selalu menggunakan motode rapat terbatas.

Baca: Tujuh Lokasi Kampanye Terbuka di Banda Aceh

"Kendati demikian kami tetap memantau, Meskipun tidak melakukan kampanye terbuka tetapi mereka lakukan kampanye terbatas," ujarnya.

Kata Yusri, tugas KIP hanya menyediakan titik lokasi kampanye, persoalan peserta pemilu mau menggunakannya atau tidak itu diluar kewenangan penyelenggara.

"Apabila mereka ingin menggunakan, maka harus melakukan pemberitahuan ke Kapolres dan ditembuskan ke KIP serta Panwaslih. Laporannya dilakukan paling telat sehari sebelum mereka lakukan kampanye," ujar Yusri.

Karena itu, Yusri berharap kepada peserta pemilu dan parpol untuk menggunakan semaksimal mungkin lokasi kampanye yang sudah ditentukan bersama. Supaya lebih dapat mengedukasi warga dalam penyampaian visi-misi.

"Dalam hal ini juga dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Banda Aceh," jelasnya.

iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...