Unduh Aplikasi

Para Relawan Aceh Mengajar Diminta Hormati Budaya dan Kearifan Lokal

Para Relawan Aceh Mengajar Diminta Hormati Budaya dan Kearifan Lokal
Wakil Bupati Aceh Tamiang sedang memberikan sambutan saat pelepasan para relawan Aceh Mengajar. Foto : For AJNN.

ACEH TAMIANG - Wakil Bupati Aceh Tamiang, T. Insyafuddin, melepas 22 orang relawan Aceh Mengajar Batch 4 yang akan melangsungkan kegiatan sosialnya di sejumlah desa di dua kabupaten, Aceh Tamiang dan Aceh Timur.

Pelepasan para relawan mengajar tersebut berlangsung di Tribun Lapangan Upacara Kantor Bupati Aceh Tamiang, Senin (20/1).

Wabup selaku Wakil Kepala Daerah Aceh Tamiang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia berpesan agar para relawan yang akan mengabdi ke kampung-kampung di wilayah Aceh Tamiang harus membudayakan 3 S (senyum, sapa dan salam).

“Budaya 3S tersebut merupakan modal utama untuk mendapatkan atensi dari masyarakat,” kata T. Insyafuddin.

T. Insyafuddin juga berpesan supaya para relawan Aceh Mengajar dapat menghormati budaya dan kearifan lokal masyarakat di Aceh Tamiang.

"Selain melakukan budaya 3S, menghormati budaya dan kearifan lokal yang ada di kampung-kampung juga harus diutamakan," pesan T. Insyafuddin kepada para relawan Aceh Mengajar.

Sebelumnya, koordinator Pilot Project Gerakan Aceh Mengajar Batch 4, Surya Darma, melaporkan, para relawan Aceh Mengajar berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, terjauh dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"22 relawan Aceh Mengajar ini dijadwalkan akan mengabdi untuk masyarakat selama 10 hari," kata Surya Darma.

Surya menjelaskan, fokus kegiatan Gerakan Aceh Mengajar, terutama dalam bidang pendidikan, sosial dan keagamaan.

"Beberapa program yang akan dijalankan diantaranya, Festival Anak Nanggroe, Perlombaan Azan, Juz amma dan Rangking 1," ungkapnya.

Ada pun titik sebaran Relawan Aceh Mengajar Batch 4 di Aceh Tamiang yaitu, di Kampung Sulum dan Kampung Serkil Kecamatan Sekerak, Kampung Tebing Tinggi Kecamatan Tamiang Hulu, Kampung Rongoh Kecamatan Tenggulun, dan Kampung Kuala Pusung Kapal Kecamatan Seruway.

Sementara di Aceh Timur, yakni di Gampong Gajah Mentah, Kecamatan Sungai Raya, dan Gampong Kemuning Hulu, Kecamatan Birem Bayeun.

Komentar

Loading...