Unduh Aplikasi

Panwaslih Singkil Gelar Sidang Perdana Gugatan Safriadi Sariman

Panwaslih Singkil Gelar Sidang Perdana Gugatan Safriadi Sariman

ACEH SINGKIL - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Singkil menggelar sidang perdana gugatan pasangan calon bupati/wakil bupati Safriadi-Sariman terhadap Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil. Pasangan tersebut menggugat KIP lantaran tak memasukan Partai Demokrat sebagai pengusung mereka.

Sidang yang digelar, Selasa (1/11) dipimpin Ketua Panwas Aceh Singkil, Baihaqi, pihak tergugat yakni KIP dihadiri oleh Tita Rospita Devisi Pencalonan, sedangkan penggugat dihadiri langsung Safriadi dan Sariman serta Tafsir sebagai kuasa pemohon dan Mustawa mewakili Partai Demokrat.

Pasangan nomor urut 1 mempersolkan keputusan KIP Aceh Singkil Nomor 057/KPTS/KIP–A.Singkil tentang Penetapan Pasangan Bakal Calon Menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Safriadi-Sariman. Dalam keputusan itu KIP hanya memasukan Partai Golkar, NasDem, PKPI dan PPP sebagai pengusung, sementara Partai Demokrat tidak dimasukan.

Tita dalam persidangan itu menyebutkan, tidak dimasukannya partai berlambang Mercy tersebut sebagai pengusung pasangan Safriadi-Sariman, dikarenakan saat mereka mendaftar pada 22 Oktober lalu, berkas Demokrat belum masuk, sehingga dianggap tidak ada.

“Berkasnya baru masuk tanggal 23 Oktober, sementara pasangan afriadi-Sariman mendaftar sehari sebelumnya,” kata Tita.

Penafsiran lain disampaikan penggugat, menurut Safriadi, seharusnya Demokrat tetap masuk sebagai partai pengusung meskipun berkas sebagai syarat usunganya masuk ke KIP sehari setelah mereka mendaftar.

“Tanggal 23 Oktober itu kan masih merupakan waktu pendaftaran, jadi harusnya masih bisa,” tandas Safriadi.

Sidang sengketa pilkada dengan agenda mendengarkan keterangan dari pemohon dan termohon itu ditutup sekitar pukul 13.00 WIB dan akan dilanjutkan Kamis (4/11) dengan agenda mendengarkan keterangan Ketua KIP Aceh Singkil, Yarwin Adi Darma.

Komentar

Loading...