Unduh Aplikasi

Panwaslih Singkil: Bukan Ranah Kami Menangkap PNS yang Terlibat Kampanye

Panwaslih Singkil: Bukan Ranah Kami Menangkap PNS yang Terlibat Kampanye

ACEH SINGKIL - Seruan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Soedarmo kepada Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) dan polisi untuk menangkap Pegawai Negri Sipil (PNS) yang kedapatan menghadiri kampanye pasangan calon kepala daerah tertentu dinilai sulit dipenuhi.

Ketua Panwaslih Aceh Singkil, Baihaqi Ibr yang dimintai tanggapannya terkait seruan Plt Gubernur tersebut mengatakan menangkap PNS yang kedapatan terlibat dalam kampanye pasangam calon tertentu bukan merupakan ranah atau kewenangan Panwaslih, sehingga tidak mungkin dilakukan.

"Kami melihatnya dari sisi pengawasan sebagaimana kewenangan kami, memang PNS tidak boleh memihak, tetapi menangkap bila menghadiri kampanye paslon juga bukan merupakan ranah kami," kata Baihaqi, Jum'at (11/11).

Baihaqi menambahkan, tidak bisa menangkap karena tak memiliki kewenangan untuk itu, bukan berarti menghalalkan PNS turut berkampanye, pihaknya tetap akan menindak setiap pelanggaran yang dilakukan, baik itu atas pengaduan maupun temuan di lapangan.

"Kita tetap akan menindaklanjuti setiap temuan dan pengaduan pelanggaran, selama masa kampanye ini kami baru menerima satu laporan dugaan perusakan alat peraga kampanye salah satu calon gubernur" imbuhnya.

Pihaknya mengimbau seluruh pasangan calon dan timnya untuk berkampanye sesuai dengan aturan yang ada, PNS juga diminta tidak melibatkan diri sacara langsung, meskipun memiliki hak pilih tetapi PNS harus menjaga netralitasnya. Dengan demikian akan tercipta pilkada yang sejuk dan damai.

Komentar

Loading...