Unduh Aplikasi

Panwaslih Pidie Tak Pernah Terima Pengaduan Natsir–Wahyu

Panwaslih Pidie Tak Pernah Terima Pengaduan Natsir–Wahyu
Pasangan Natsir dan Wahyu yang digugurkan KIP Pidie. Foto: Salman
PIDIE - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Pidie, Said Husen, mengatakan tidak pernah pernah menerima laporan pengaduan keberatan dari Muhammad Nasir dan Wahyu Wahab.

Kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen ini digugurkan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie dan tidak berhak berlaga pada Pemilihan Kepala Daerah Pidie 2017.

“Mereka hanya mengirimkan surat tembusan penolakan dan permintaan penelitian ulang berkas KTP kepada KIP, bukan laporan pengaduan keberatan,” kata Said Husen kepada wartawan, Senin (22/8), .

Karena sifatnya hanya surat tembusan, ujar Said, Panwaslih tidak memiliki dasar mengeluarkan rekomendasi kepada KIP Pidie untuk melakukan penelitian ulang.

Sehari setelah hasil pleno KIP dikeluarkan, tambah said, pihaknya memberitahukan kepada Nasir dan Wahyu untuk mengirimkan surat ke Panwaslih. Bermodalkan surat ini, Panwaslih akan meminta waktu untuk meneliti ulang berkas persyaratan.

“Namun tidak ditanggapi,” ujar Said.

Said juga menegaskan bahwa langkah KIP terhadap calon tersebut sesuai aturan. Panwaslih, kata Said, juga terlibat langsung mengawasi penelitian persyaratan dukungan semua pasangan calon independen.

Komentar

Loading...