Unduh Aplikasi

Panwaslih Pidie Mulai Sidangkan Sengketa Pemilu Caleg PDA Terpilih Dicoret KIP

Panwaslih Pidie Mulai Sidangkan Sengketa Pemilu Caleg PDA Terpilih Dicoret KIP
Sidang sengketa pemilu di Panwaslih Pidie. Foto: Ist

PIDIE - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Pidie mulai sidangkan penyelesaian sengketa pemilu pemilihan legeslatif Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat, Kamis (1/8).

Sidang adjudikasi penyelesaian sengketa proses pemilu dengan agenda pembacaan pokok permohonan yang diajukan pemohon Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Daerah Aceh (PDA) Pidie merupakan sidang perdana.

Dalam pembacaan pokok permohonan tersebut, PDA melalui Kuasa Hukumnya Muzakar menyampaikan keberatan dengan keputusan KIP Pidie yang memutuskan mencoret nama Teuku Abdul Manaf dari daftar caleg terpilih.

"Tgk Abdul Manaf dari PDA merupakan peraih suara terbanyak di daerah pemilihan (Dapil) 1 pada rapat pleno penatapan, pihak KIP selaku termohon telah memutuskan mencoret dari daftar calon terpilih," kata Muzakar.

Padahal seharusnya, KIP Pidie tidak boleh memutuskan untuk mencoret Tgk Abdul Manaf dari daftar calon terpilih karena yang bersangkutan peraih suara terbanyak.

Baca: KIP Pidie Coret Caleg PDA dari Daftar Caleg DPRK Terpilih

Alasan KIP tidak mengikutsertakan Tgk Abdul Manaf dalam calon terpilih dikarenakan tidak lagi memenuhi syarat atau TMS karena menerima honor dari negara sebagai anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Dalam surat KPU RI nomor 748/PL.01.4-SD/06/KPU/VII/2018 tentang kewajiban mengundurkan diri dari pekerjaan diintansi dan badan kepemerintahan.

"Perlu kami tegaskan Tgk Abdul Manaf, dia sebagai anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUG). Dia tidak pernah menerima gaji tapi hanya diberikan sedikit dana dari pemerintah dan itupun dana untuk biaya komunikasi atau komsumsi dan tidak diberikan perbulan tapi diberikan pertahap," ujarnya.

Sementara dari pihak termohon yakni Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie hadir Ketua Divisi SDM dan Masyarakat, Sri Wahyuzha dan ketua Divisi Hukum, Samsul Bahri, Komisioner KIP Kabupaten Pidie.

Sidang lanjutan akan digelar pada besok Jumat (2/8), dengan agenda pembacaan jawaban termohon dalam hal ini pihak KIP Pidie.

Komentar

Loading...