Unduh Aplikasi

PUTUSAN SENGKETA

Panwaslih Perintahkan KIP Simeulue Buka Kembali Penerimaan Berkas Calon

Panwaslih Perintahkan KIP Simeulue Buka Kembali Penerimaan Berkas Calon
BANDA ACEH – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Simeulue telah memutuskan mengabulkan sebagian permohonan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Simeulue Fach Maulidsyah dan Juli Amin Putra.

Baca: Panwaslih Simeulue Gelar Gugatan Maulidsyah-Juli Amin

Divisi Humas dan Sosialisasi Panwaslih Kabupaten Simeulue, Falba Syamsurin dikonfirmasi AJNN, mengatakan setelah menggelar persidangan atau musyawarah sebanyak tiga kali telah ada keputusan.

“Alhamdulillah akhirnya setelah menyidangkan secara marathon dan tahap demi tahap sidang kesatu dan kedua, Panwaslih Simeulue telah memutuskan di sidang yang ketiga,” kata Falba.

Sidang sengketa antara pasangan bakal calon perseorangan melawan KIP Simeulue itu dipimpin langsung oleh Ketua Panwaslih Simeulue, Achyar Yulius.

Baca: Pasangan Maulidsyah-Juli Amin Sengketakan KIP Simeulue ke Panwaslih

Adapun hasil putusan ini, kata Falba, Panwaslih Simeulue mengabulkan permohonan untuk sebagian. Kemudian memerintahkan KIP Simeulue untuk membuka kembali waktu penerimaan berkas dukungan khusus bagi pemohon, selambat-lambatnya empat hari setelah putusan dibacakan.

Selain itu, tambahnya, hasil putusan juga menyatakan Surat Keputusan KIP Simeulue Nomor 55 tahun 2016 tanggal 12 Agustus 2016 tetap berlaku sepanjang pemohon tidak mampu menyerahkan syarat dukungan sesuai waktu yang ditetapkan, yaitu empat hari.

“Dalam putusan juga menolak permohonan untuk selebihnya,” tambah Falba Syamsurin.

Dikatakan, sengketa tersebut merupakan perkara yang ditangani Panwaslih Simeulue. Kendati demikian, hasil kerja keras komisioner dan staf sekretariat telah menyelesaikan sengketa.

“Meski belum pernah mendapat bimbingan teknis sebelumnya, kita berhasil menganalisa dan menjalankan setiap butir regulasi kepemiluan yang menjadi pedoman utama dalam memutuskan sengketa,” terang Falba.

Falba juga menambahkan, penyelesaian sengketa tersebut dilakukan meski belum mendapat sokongan dana dari pemerintah. Pasalnya, Panwaslih Simeulue belum meneken Nota Penandatanganan Hibah Daerah (NPHD).

Ketua Divisi Humas dan Sosialisasi Panwaslih Kabupaten Simeulue juga menyampaikan terima kasih kepada setiap instansi yang telah berpartisipasi selama proses sengketa.

“Panwaslih Simeulue mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh unsur TNI/POLRI, Kesbangpol Simeulue, rekan-rekan wartawan, dan pihak lainnya serta dari Pemohon dan Termohon,” kata Falba.

Komentar

Loading...