Unduh Aplikasi

Panwaslih Aceh Tamiang Buka Kesempatan Belajar Pemilu

Panwaslih Aceh Tamiang Buka Kesempatan Belajar Pemilu
Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Imran. Foto: IST.

ACEH TAMIANG - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang membuka kesempatan bagi putra-putri yang berusia 20-30 tahun untuk belajar kepemiluan.

"Ini program sekolah kader pengawasan pemilu, waktu pendaftaran dibuka mulai 24 sampai dengan 28 Mei 2021. Peserta untuk tamatan SMA sederajat," kata Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Imran, Selasa (25/5/2021).

Untuk mendaftar, kata Imran, peserta dapat langsung melakukan di link skpp.bawaslu.go.id/registrasi.

Setelah registrasi, lanjut Imran, peserta nanti akan ada tahapan berikutnya yaitu tahapan verifikasi, bila cukup syarat dan ketentuan maka yang bersangkutan akan menjalani proses pendidikan tentang kepemiluan yang diasuh oleh nara sumber atau pakar-pakar pemilu yang difasilitasi oleh Bawaslu Republik Indonesia. 

Menurut Imran, tahun ini Bawaslu membuka 304 Kabupaten/Kota yang menjadi daerah rekruitmen peserta, salah satu diantara 304 tersebut adalah kabupaten Aceh Tamiang. Para peserta nantinya secara selektif dapat mengikuti pendidikan ini dari tingkat Dasar, Menengah dan Lanjut. Program SKPP ini akan dilaksanakan pada Juni-Oktober 2021.

“Ini peluang bagi putra maupun putri Aceh Tamiang untuk belajar tentang pemilu,” sebut Imran.

Sebagaimana diketahui, tambah Imran, pada tahun sebelumnya Bawaslu Republik Indonesia juga telah menggelar Sekolah Kader Pengawasan Pemilu (SKPP), dari 793 calon peserta SKPP daring yang mendaftar, ada 693 peserta SKPP daring yang dinyatakan memenuhi syarat yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh. 

"Sementara untuk Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 17 orang peserta yang mendaftar, namun hanya 10 orang yang melanjutkan sampai finish," ungkap Imran.

Komentar

Loading...