Panwaslih Aceh Mulai Susun Teknis Pengawasan Baca Alquran Calon Peserta Pemilu 2024

Panwaslih Aceh Mulai Susun Teknis Pengawasan Baca Alquran Calon Peserta Pemilu 2024
Pelaksanaan workshop penyusunan teknis pengawasan tes baca Al Qur'an calon oeserta Pemilu 2024, Panwaslih Aceh di Kota Meulaboh, Aceh Barat. Foto: AJNN/Aidil Firmansyah.

ACEH BARAT – Divisi Hukum dan Data, Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Aceh mulai melaksanakan penyusunan petunjuk teknis pengawasan baca Alquran untuk calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Pelaksanaan workshop berlangsung di Aula Eva Sky Hotel, Desa Gampa, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Selasa (9/11) yang dihadiri seluruh Divisi Hukum dan Data Panwaslih Kabupaten/Kota. Tujuannya, untuk meminimalisirkan kecurangan peserta pemilu dan pihak penyelenggara tes baca Alquran nantinya.

Ketua Divisi Hukum dan Data Panwaslih Aceh, Nyak Arief Fadhillah Syah, mengatakan workshop penyusuan teknik pengawas baca Alquran tersebut merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka pengawasan pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang.

”Jadi yang menentukan hakim atau penguji baca Alquran itu oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP), dalam hal ini pengawas pemilu melakukan pengawasan terhadap proses uji mampu baca Alquran, dimulai dari persiapan hingga selesai. Apakah proses pembentukan tim uji mampu baca Alquran sesuai dengan ketentuan dengan yang telah diatur,” jelas Nyak Arief kepada AJNN, Selasa (9/11/2021).

Ia mengatakan, pihaknya juga memantau soal hubungan kedekatan, antara tim penguji dengan calon nantinya, baik Calon DPR atau pun kepala daerah. Tim uji tentunya dituntut menjaga independensi, netralitas dan integritas untuk menilai secara profesional.

”Salah satu yang mengganggu netralitas itulah hubungan spesifik tadi,  makanya kita pastikan pengawasan berjalan sesuai dengan aturan yang ada, menjaga nama baik, agar sebagai tim uji martabatnya sesuai,” ujarnya.

Baca Selanjutnya...
Halaman 12
Editor:

Komentar Pembaca

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini