Unduh Aplikasi

Panwaslih Aceh Barat Tuding Kampanye Calon Kepala Daerah Langgar Aturan

Panwaslih Aceh Barat Tuding Kampanye Calon Kepala Daerah Langgar Aturan

ACEH BARAT - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) menilai selama ini pasangan calon bupati di Aceh Barat masih melanggar aturan tahapan kampanye Pilkada 2017 mendatang.

Ketua Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Panwaslih Aceh Barat, Yunus Bidin SH mengatakan, dalam kegiatan kampanye yang dilakukan pasangan calon atau tim sukses dan tim pemenangan selama ini, baik berupa rapat pertemuan terbatas, dialog atau tatap muka maupun konvoi tidak pernah mengeluarkan surat pemberitahuan izin keramaian kepada pihak Kepolisian Resort (Polres) Aceh Barat yang ditembuskan ke Panwaslih Aceh Barat.

“Padahal dalam peraturan Bawaslu Nomor 10 Tahun 2015 tentang Pengawasan Kampanye mengatur tentang adanya surat pemberitahuan keramaian,” kata Yunus Bidin, kepada wartawan, Kamis, (10/11).

Peraturan KPU tersebut, juga diperkuat dengan Peraturan Kapolri Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pemberitahuan dan Penerbitan Surat Tanda Terima Pemberitahuan Kampanye Pemilihan Umum.

Padahal, pasca penetapan nomor urut pasangan calon, para kandidat gencar melakukan kegiatan kampanye dengan berbagai kegiatan, namun aturan tidak diindahkan.

Pentingnya pemberitahuan kepada Kepolisian dan Panswaslih serta KIP, kata dia, akan memaksimalkan kegiatan kampanye pasangan calon di lapangan serta akan ada pengawasan dan pengamanan yang lebih ekstra sehingga bila terjadi gesekan di lapangan dapat diselesaikan dengan cepat.

Melihat kondisi tersebut Yunus berharapa kepada kandidat pasangan calon untuk memenuhi semua syarat yang diatur dalam peraturan tersebut, sebelum dilakukannya kegiatan kampanye. Apabila hal itu tidak dipenuhi, pihaknya akan mengambil tindakan tegas dengan membubarkan setiap pertemuan atau kegiatan yang dilakukan.

Imbauan tersebut, kata Yunus, tidak hanya berlaku bagi kandidat bupati dan wakil bupati, tapi juga untuk pasangan calon gubernur Aceh yang melakukan kampanye di Aceh Barat.

Komentar

Loading...