Unduh Aplikasi

Panwaslih Abdya Imbau ASN Bersikap Netral Dalam Pemilu Serentak 2019

Panwaslih Abdya Imbau ASN Bersikap Netral Dalam Pemilu Serentak 2019
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT DAYA - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di kabupaten setempat agar bersikap netral dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019.

Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslih Abdya, Rahmah Rusli mengatakan imbauan tersebut dikeluarkan terkait adanya dugaan abdi negara di kabupaten dengan julukan breuh sigupai tersebut, yang terlibat dalam politik praktis.

Terkait hal tersebut, Panwaslih Abdya mengingatkan kepada para ASN untuk tidak menghadiri kampanye atau rapat umum partai politik peserta Pemilu.

"Larangan itu berlaku baik didalam maupun di luar dinas sekalipun tanpa menggunakan seragam atau atribut kedinasan. Maka kita mengimbau agar ASN di Abdya harus bersikap netral," ungkap Rahmah Rusli, Senin (25/3).

Menurutnya, larangan itu sesuai dengan Pasal 2 UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. Apabila ditemukan bukti-bukti yang lengkap terkait ASN yang melakukan politik praktis, maka pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi kepada Komisi ASN (KASN) untuk dikenakan sanksi tegas.

Sanksi-sanksi yang dikenakan tersebut bisa berupa sanksi teguran, pemindahan tempat kerja, hingga penurunan pangkat sesuai tingkat pelanggaran.

"Menurut kami, masih banyak cara lain untuk mengetahui visi, misi calon legislatif dan presiden, misalnya melalui sumber lain seperti media massa, apalagi terhitung sejak 24 Maret hingga 13 April 2019, caleg dan capres telah dibenarkan berkampanye di media massa dan media elektronik lainnya" jelasnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar ASN tidak berkomentar soal dukungannya dimuka umum saat melakukan nonton bareng debat capres dan cawapres. Selain itu, dirinya juga meminta agar ASN tidak menuliskan status di media sosial yang mengisyaratkan dukungan kepada salah satu pasangan calon.

"Harapan kita, mari sama-sama kita patuhi peraturan-peraturan yang ada," tutup Rahmah.

 

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...