Unduh Aplikasi

Pantai Wisata Islami Pidie Jaya Butuh Mushalla

Pantai Wisata Islami Pidie Jaya Butuh Mushalla
Pantai Wisata Islami Pidie Jaya. Foto: AJNN/Muksalmina.

PIDIE JAYA - Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya telah mengelontorkan dana untuk membenah Pantai Wisata Islami di Kecamatan Trienggadeng, guna menjadi pantai terfavorit di Pidie Jaya.

Tahun ini, Pemkab setempat juga mengalokasikan anggaran Rp 3 miliar untuk pembangunan water boom di lokasi yang lebih dikenal dengan Pantai Kuthang Trienggadeng itu.

Dalam satu pekan ini, ribuan pengunjung mengunjungi pantai yang mudah jigangkau tersebut, tepatnya terletak di pinggir jalan Banda Aceh-Medan, sekitar 500 meter arah barat dari pusat Kecamatan Trienggadeng.

"Pekan akhir sebelum puasa, hari Sabtu dan Minggu kemari paling banyak pengunjung, mencapai ribuan lah," kata Maryam, salah seorang penjual di pantai tersebut, Senin (12/4).

Namun, kata Maryam, pengunjung sering mengeluh akibat tidak adanya tempat shalat di lokasi Pantai Wisata Islami itu.

"Pengunjung sering menanyakan mushalla, tapi tidak ada mushalla di sini," kata wanita yang disapa Kak Yam itu 

Menurutnya, pantai itu sangat membutuhkan mushalla, hal itu agar sejalan dengan rencana pemerintah setempat mewujudkan pantai wisata yang Islami.

"Disini sangat butuh mushalla, kami juga sudah pernah memberitahukan (meminta) kepada pihak terkait untuk dibangun satu mushalla disini, tapi hingga kini belum juga dibangun," kata Kak Yam yang sudah belasan tahun mengais rezeki di Pantai Kuthang.

Selain mushalla, ia juga meminta pihak terkait yang bertanggungjawab terhadap pantai tersebut agar mengatur dan mengelola perparkiran dengan baik. Sebab katanya, penjual di pantai itu sering cek-cok terkait parkir kenderaan.

"Selain mushalla, pantai ini juga butuh saluran pembuangan. Dan satu lagi yang paling penting adalah, pemerintah harus membuat aturan perparkiran di pantai ini, sebab terkait parkir disini juga sering cek cok. Kalau pemerintah sudah turun tangan, pasti tidak akan lagi cek cok sesama kami penjual diaini," ujarnya.

Terlepas dari semua itu, Pantai Wisata Islam Pidie Jaya tersebut rekomendasi dikunjungi. Terutama bagi keluarga yang ingin menikmati pemandian laut.

Bagi yang hobi memancing, di Pantai Kuthang juga tersedia spot pemancingan di laut, sekitar satu kilometer dari bibir pantai. Untuk dapat sampai ke spot pemancingan tersebut, pemancing hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 40 ribu untuk sewa perahu yang dikelola oleh Abdul Muthalib.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...