Unduh Aplikasi

NELAYAN ACEH DITANGKAP DI MALAYSIA

Panglima Laot Tamiang: Mereka Tak Sengaja Masuk ke Malaysia

Panglima Laot Tamiang: Mereka Tak Sengaja Masuk ke Malaysia
Nelayan asal Aceh Tamiang dalam penahanan pemerintah Malaysia. Foto: istimewa
BANDA ACEH - Panglima Laot Aceh Tamiang, Anwar, mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait pembebasan empat nelayan Aceh yang ditahan di Malaysia. Selain mengadukan hal ini ke pihaknya dinas terkait, pihaknya juga memastikan dinas terkait melaporkan hal ini ke Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh.

“Kami sudah lapor itu ke dinas. Nanti biar mereka yang urus masalah ini. Kemungkinan mereka bisa segera pulang,” ujar Anwar kepada AJNN, Kamis (31/3).

Melalui hubungan telepon genggam, Anwar mengetahui bahwa para nelayan yang menggunakan perahu kecil itu tidak mengetahui batas wilayah perairan Indonesia dengan Malaysia. Artinya, keberadaan mereka di perairan Malaysia murni tanpa kesengajaan.

Baca: Panglima Laot Aceh: Belum Tentu Nelayan

Anwar juga menegaskan keempat nelayan tersebut sedang menangkap ikan. Bukan melakukan kegiatan lain, seperti penyelundupan. “Salah kalau ada yang bilang ada indikasi lain terkait nelayan kami (menyelundup). Mereka murni menangkap ikan.”

Anwar juga mengatakan perahu yang ditumpangi para nelayan baru saja selesai diperbaiki. Karena itu, tak heran jika saat di tengah laut, mesin perahu itu rusak dan nelayan terseret ke perairan Malaysia.

“Saya sudah kasih tahu ke keluarga mereka. Mungkin paling terlambat satu bulan, mereka sudah dipulangkan,” kata Anwar.

Komentar

Loading...