Unduh Aplikasi

Pangdam ajak petani Aceh tanam kedelai

Pangdam ajak petani Aceh tanam kedelai
IMG 20141023 02062, Pangdam Iskandar Muda Aceh, Agus Kriswanto, Kamis, (23/10) menyerahkan bantuan berupa bibit kacang kedelai dan pupuk NPK berserta sarana produksi lainnya, kepada kelompok tani Malikussaleh
ACEH UTARA – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjend TNI Agus Kriswanto, lakukan penanaman kedelai bersama mustika plus dan masyarakat di Desa Pinto Makmur Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Acara penanaman kedelai tersebut dilakukan dalam rangka untuk memberi dukungan terhadap langkah pemerintah menuju kedaulatan pangan, khusunya Kabupaten Aceh Utara, Kamis, (23/10/) pukul 08.30 wib.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Iskandar Muda Mayjend TNI Agus Kriswanto mengatakan, tanaman pangan merupakan kebutuhan dasar yang permintaannya terus meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan peningkatan kualitas hidup, hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Kedelai merupakan salah satu tanaman yang bernilai tinggi saat ini, menjadi komoditi yang sangat di cari seiring dengan menipisnya stok kedelai di pasar dunia”. Ungkapnya.

Ia berharap dengan luas area 340.594 hektar lahan tidur di wilayah provinsi Aceh melalui program ini, semua lahan tidur tersebut dapat kita fungsikan menjadi lahan pertanian khususnya untuk menanam tanaman kedelai.

“Dengan begitu Aceh sebagai daerah yang memiliki sejarah ketahanan pangan yang kuat di masa lalu sangat berpotensi sebagai salah satu wilayah penopang ketahanan pangan nasional”, Jelas Pangdam.

Dalam acara tersebut Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Pangdam Iskandar Muda, yang telah turut memotivasi petani untuk terus memacu pembagunan di daerah ini demi mempercepat kesejahteraan rakyat, serta terus berupaya menggerakkan usaha tani kedelai melalui optimalisasi pemamfaatan lahan sawah dan lahan terlantar.

“Kami sangat berterimakasih dan sangat mengapresiasi program perluasan areal tanam (PAT) kedelai ini,  yang kita rencanakan mencakup seluruh kecamatan yang ada di Aceh utara untuk lima tahun kedepan". Ungkap Muhammad Thaib.

Pada acara tersebut Pangdam Iskandar Muda juga menyerahkan bantuan secara simbolis, berupa bibit kacang kedelai dan pupuk NPK berserta sarana produksi lainnya, kepada Kelompok Tani Malikussaleh yang kemudian di lanjutkan dengan penanaman perdana oleh Pangdam IM serta tamu undangan lainya.


RAJALI

Komentar

Loading...