Unduh Aplikasi

Pandemi Covid-19 Tidak Pengaruhi Indeks Prestasi Siswa SMA di Aceh Barat

Pandemi Covid-19 Tidak Pengaruhi Indeks Prestasi Siswa SMA di Aceh Barat
ilustrasi. Foto: Detik

ACEH BARAT - Meski pandemi CoronaVirus Disease (Covid-19) sempat membuat sekolah-sekolah yang ada di Indonesia tutup,dan siswa dipaksakan belajar diri rumah, namun tidak mempengaruhi indeks prestasi siswa SMA/SMK ada di Kabupaten Aceh Barat.

Bahkan secara umum indeks prestasi siswa tingkat SMA/SMK di Kabupaten Aceh Barat masih memenuhi rata-rata nilai yang ditetapkan.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Barat, Hajidam mengatakan, dilihat dari indeks prestasi siswa hingga sekolah tatap muka kembali dibuka bulan lalu, nilai prestasi siswa masih stabil seperti pada masa normal atau sebelum pandemi Covid-19 melanda belahan dunia terjadi.

“Hingga saat ini indeks prestasi siswa kita masih stabil terutama yang berada di wilayah kota. Memang ada sedikit penurunan itu terjadi di wilayah pelosok, namun secara umum stabil,”kata Hajidam saat dikonfirmasi AJNN.

Dikatakan Hajidam, menurunya prestasi siswa di wilayah pedalaman Kabupaten tersebut selama belajar daring di pengaruhi beberapa hal seperti banyak siswa di wilayah pedalaman yang mengira jika selama pandemi Covid-19 terjadi libur sekolah, sehingga para siswa-siswa di wilayah pedalaman ini memanfaatkan waktu untuk bekerja.

Faktor lain, kata dia, disebabkan oleh tidak adanya jaringan internet di wilayah pelosok membuat para siswa tidak bisa belajar dengan normal.

"Jadi saat libur ada siswa yang bekerja. Yang paling meresahkan itu di Pante Ceureumen, banyak siswa yang saat itu melakukan indang emas. Jadi orang tua mereka sampai minta dilakukan kembali tatap muka," ungkapnya.

Kata dia, untuk wilayah kota tidak ditemukan kasus adanya pelajar yang bekerja saat libur, namun tetap memanfaatkan waktu belajar dari rumah sesuai dengan tugas yang diberikan sekolah.

Masih baiknya indeks prestasi siswa, kata dia, dibuktikan dengan kegiatan seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Aceh Barat, para siswa peserta memiliki pengetahuan yang kuat tentang hukum.

Selain itu, kata Hajidam, bagusnya prestasi siswa juga tidak terlepas dari peran pengawas dalam melakukan pengawasan serta keaktifan guru dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) meski secara daring.

Komentar

Loading...