Unduh Aplikasi

Pandang Umum Fraksi di DPRK Nagan Raya: Kinerja Pemerintah Buruk

Pandang Umum Fraksi di DPRK Nagan Raya: Kinerja Pemerintah Buruk
Suasana di ruang sidang paripurna DPRK Nagan Raya. Foto: Rusman
NAGAN RAYA – Mayoritas fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Nagan Raya mengkritik kinerja Pemerintah Kabupaten Nagan Raya. Banyak sektor yang tidak dikelola dengan baik.

Padangan umum ini disampaikan sebagai jawaban atas laporan pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2015, Senin (28/8).

Juru bicara Badan Anggaran DPRK Naga Raya, Said Junaidi, mengkritik realisasi anggaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2015 yang tidak mencapai target. Realisasi anggaran tahun 2015 juga tidak terlaksana.

Tahun lalu, realisasi anggaran hanya mencapai sekitar 90 persen, atau sebanyak Rp 889,9 miliar. Selain meleset, dewan juga menilai banyak anggaran yang diletakkan tidak pada tempatnya.

“Seharusnya penempatan pos anggaran pada SKPK harus benar–benar sesuai tupoksi SKPK,” kata Said Junaidi.

Syafriadi, juru bicara Fraksi Amanat Bintang Perjuangan, mengatakan ada beberapa pandangan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah. Di antaranya di bidang kesehatan. Fraksi menilai layanan kesehatan di kabupaten itu, serta fasilitas di masing-masing pusat layanan, belum maksimal.

Sementara juru bicara Fraksi Partai Aceh-Gerindra-Nasem, Syamsul Bahri Syam, menyoroti buruknya mutu pendidikan di tengah kucuran dana pendidikan yang mencapai 20 persen dari total anggaran daerah.

Padangan lebih "lembut" disampaikan oleh Fraksi Golkar. Juru bicara fraksi itu, Iriani, lebih menekankan upaya pemerintah untuk menginventarisasi program gampong yang menggunakan anggaran gampong, “supaya tidak adanya penyalahgunaan.”

Dia juga mengingatkan camat, kepala Puskesmas dan kepala sekolah agar hadir dalam pembahasan anggaran. Selama ini, kata Iriani, pejabat puncak di instansi itu lebih banyak diwakilkan. Padahal, kata dia, pembahasan anggaran sangat penting sebelum menjalankan program sesuai anggaran.

Sidang yang dipimpin oleh Samsuardi, Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, itu dihadir oleh sejumlah kepala SKPK. Tak terlihat sosok Bupati Nagan Raya T Zulkarnaini. Kehadirannya hanya diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, T Zamzami.

Komentar

Loading...