Unduh Aplikasi

Palestina Hingga Azerbaijan Sampaikan Selamat Pada Erdogan Atas Penemuan Cadangan Gas Alam Besar-besaran di Laut Hitam

Palestina Hingga Azerbaijan Sampaikan Selamat Pada Erdogan Atas Penemuan Cadangan Gas Alam Besar-besaran di Laut Hitam
Foto: Net

JAKARTA - Penemuan cadangan gas alam dalam jumlah yang sangat besar oleh Turki di Laut Hitam disambut baik oleh para sekutunya. Palestina, Azerbaijan, dan Ukraina menyampaikan ucapan selamat kepada Turki.

Melalui panggilan telepon pada Sabtu (22/8), Presiden Palestina Mahmoud Abbas memberi selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Abbas mengatakan, kesuksesan Turki merupakan kesuksesan Palestina.

Sementara Erdogan pun menegaskan kembali dukungan Turki terhadap perjuangan bangsa Palestina. Menurut Direktorat Komunikasi Turki seperti yang dikutip Anadolu Agency, keduanya kemudian membahas hubungan bilateral dan situasi kawasan.

Ucapan selamat yang sama juga disampaikan kepada Erdogan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Aliyev mengatakan, penemuan tersebut merupakan tanda potensi industri dan meningkatnya kekuatan Turki.

"Saya yakin persaudaraan dan persahabatan antara Turki dan Azerbaijan akan terus menguat dan meningkat," tekan Aliyev.
Menteri Luar Negeri Azerbaijan Jeyhun Bayramov pun membahas persoalan yang sama dengan rekannya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu melalui telepon.

Pada Jumat (21/8), Erdogan mengumumkan, Turki telah menemukan sekitar 320 miliar meter kubik cadangan gas alam di Laut Hitam.

Temuan tersebut didapatkan setelah kapal bor melakukan eksplorasi dan bekerja pada 20 Juli. Dia mengatakan penemuan itu adalah yang terbesar dalam sejarah Turki dan ia bertujuan gas alam siap digunakan publik pada 2023.

Komentar

Loading...