Unduh Aplikasi

Pakar Sebut Masih Ada Peluang Aceh Pilkada 2022

Pakar Sebut Masih Ada Peluang Aceh Pilkada 2022
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Pakar Hukum Universitas Syiah Kuala (USK), Mawardi Ismail menyebutkan, Aceh masih memiliki peluang untuk melaksanakan Pilkada pada tahun 2022.

Ia mengatakan, peluang itu dapat diperoleh jika Pemerintah Aceh, Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) maupuan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh gencar melakukan lobi politik ke pemerintah pusat.

"Masih ada peluang,selama belum ada keputusan final dari pemerintah," kata Mawardi saat dihubungi AJNN, Senin (5/4/2021).

Terkait KIP Aceh yang sudah membatalkan tahapan pilkada, menurutnya itu merupakan konsekuensi akibat dua hal.

Pertama, karena tidak adanya anggaran dan kedua belum adanya keputusan final dari pemerintah terhadap Pilkada Aceh. Pasalnya kata Mawardi, kejelasan kebijakan pemerintah itu penting. Karena dalam proses penyelenggaraan Pilkada Aceh juga melibatkan pemerintah pula.

Baca: Tidak Ada Anggaran, KIP Aceh Tunda Tahapan Pilkada 2022

"Paling tidak ketika penetapan hasilnya berupa Keputusan tentang pengangkatan gub/wagub dan bup/wabub dan walkot/wawalkot, juga terkait pelantikannya," jelasnya.

Sebab ketuputusan tersebut kata Mawardi, merupakan salah satu bagian dari adanya legitimasi kepala daerah. Lanjutnya, ia juga sudah sering menyampaikan selama belum ada keputusan pemerintah, peluang untu Pilkada Aceh 2022 tetap ada.

"Kuncinya bangun argumentasi yuridis dan politis, serta lakukan komunikasi dan negosiasi politik yang rasional dan cerdas. Utamakan rasional argumentatif, ketimbang emosional agitatif," pungkasnya.

Komentar

Loading...