Unduh Aplikasi

Pakar: Pengelolaan Blok B Harus Dilihat sebagai Kepentingan Aceh

Pakar: Pengelolaan Blok B Harus Dilihat sebagai Kepentingan Aceh
Direktur Pakar Aceh Muhammad Khaidir. Foto: AJNN/Fauzul Husni

BANDA ACEH - Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat Aceh (PAKAR) menilai ketakutan yang disampaikan Ketua Forbes DPR RI dan DPD RI asal Aceh, Nasir Djamil berlebihan.

Menurut Direktur Pakar Aceh, Muhammad Khaidir, pengalihan Blok B Aceh Utara sudah pasti dari awal dilakukan perhitungan oleh Pemerintah Aceh dan tim teknisnya, dan itu menjadi tahap awal yang dilakukan pemerintah sebelum mengambil alih blok tersebut.

"Kenapa kita tidak memberikan apresiasi atas capain pemerintah. Ini sudah bertahun yang kita tunggu-tunggu bersama agar Aceh mengelola sendiri blok migas di Aceh," kata Muhammad Khaidir.

Ia menilai pernyataan Nasir Djamil mengakibatkan kegelisahan masayarakat sekitarnya. Jangan sampai masyarakat terprovokasi atas pernyataan itu.

"Kami meminta masyarakat sekitar Blok B tidak merasa khawatir dengan pernyataan itu," ujarnya.

Baca: Nasir Djamil: Jangan Sampai Aceh "Dipeulango" oleh Exxon Mobil dan Pemerintah Pusat

Seharunya, kata Khaidir, Ketua Forbes memberikan dukungan dan mendesak pemerintah pusat untuk menganggarkan dana merehabilitasi Blok B itu.

"Bukan menakut-nakuti masyarakat sekitar Blok B Aceh utara. Jadi kesannya beda, Nasir Djamil seharusnya mendukung dan memperjuangan bersama Pemerintah Aceh sebagai wakil rakyat Aceh di Jakarta," kata Khaidir.

Ia mengatakan bahwa publik harus melihat kalau pengambilalihan blok B bukan untuk kepentingan personal gubernur, tapi untuk kepentingan Aceh. Dan siapapun gubernur wajib untuk memperjuangkan agar blok tersebut bisa diambil.

"Kita belajar dari Timor Leste, siapa yang percaya kalau Timor Leste bisa berhasil mengelola sumber daya alam sendiri dengan mandiri. Jangan pesimis melihat upaya yang dilakukan Pemerintah Aceh, harusnya energi positif Pemerintah Aceh untuk mengambil alih pengelolaan blok B harus didukung sepenuhnya oleh seluruh elemen rakyat Aceh, dan dari latar belakang apapun," tegasnya.

IKLAN HPI
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...