Unduh Aplikasi

Pakar: KMP Aceh Hebat Menjawab Kebutuhan Transportasi Laut

Pakar: KMP Aceh Hebat Menjawab Kebutuhan Transportasi Laut
Foto: Ist

BANDA ACEH - Pusat Analisis Kajian dan Advokasi Rakyat Aceh (Pakar) menyebutkan keberadaan kapal Aceh Hebat 2 dengan rute Banda Aceh - Sabang menjawab kebutuhan transtportasi penyeberangan dan sangat membantu wisatawan dalam berkunjung ke Sabang, sehingga peningkatan pengunjung tidak lagi terkendala ketiadaan kapal.  

"Sebelumnya rute ke Sabang dari Banda Aceh mobil muatan sembako, material dan lain-lain masih minim dikarenakan muatan mobil relatif sedikit. Dengan hadirnya KMP Aceh Hebat 2 dapat lebih banyak muatan," kata Direktur Pakar, Muhammad Khaidir, Minggu (20/12). 

Kata dia, hadirnya KMP Aceh Hebat 2 rute Banda Aceh - Sabang juga sangat membantu dalam hal rujukan pasien emergency atau darurat ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin kaena tidak harus menunggu besok atau lusa, bisa lebih cepat teratasi. 

"Dan seharusnya masalah kekurangan dan kendala alat transportasi laut sudah selesai 15 tahun yang lalu hanya saja kurang kepedulian, dengan adanya KMP Aceh Hebat 2 mencatat sejarah baru bagi Rakyat Aceh, dan menjadi solusi atau kekurangan transportasi laut selama ini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, KMP. Aceh Hebat 2 tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Sabtu (19/12), setelah melakukan perjalanan dari Galangan Kapal PT. Adi Luhung Saranasegara Indonesia di Bangkalan, Madura.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan kedatangan KMP Aceh Hebat 2 berjalan sesuai dengan rencana, bahkan kapal tersebut lebih cepat dari yang direncanakan oleh Pemerintah Aceh.

"Ini semua sesuai dengan rencana bahkan yang Aceh Hebat 2 ini lebih cepat dari rencana, padahal kita perkirakan akhir Desember atau awal Januari tiba di Aceh," kata Nova Iriansyah, kepada awak media, Sabtu (19/12).

Nova Iriansyah menjelaskan, pada saat peluncuran kemarin kapal tersebut masih belum rampung sekitar 5-6 persen, namun lima hari yang lalu pihaknya mendapatkan kabar bahwa kapal KMP. Aceh Hebat 2 sudah berlayar ke Aceh.

"Lima hari yang lalu kami dapat kabar KMP Aceh Hebat 2 mau berangkat ke Aceh, dan memang kami perkirakan hari ini sampai dan ini termasuk cepat kalau di hitung-hitung," tuturnya.

Menurut Nova Iriansyah, setiba di Banda Aceh kapal KMP. Aceh Hebat 2 tidak langsung melayani pelayaran ke Sabang, sebab ada beberapa tahapan perencanaan teknis untuk mempersiapkan operasional kapal penyeberangan. 

Komentar

Loading...